Persiapan PON Papua, Tim Sepak Bola Putri Jabar Agendakan Uji Coba

Tim sepak bola putri Jawa Barat mengagendakan laga uji coba dengan lawan yang sepadan untuk persiapan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua.

Menurut pelatih tim sepak bola putri Jawa Barat, Ronny Remon, timnya berencana menjajal tim putri asal Papua supaya anak asuhnya terbiasa mengingat PON nanti akan ada dua tim, yakni Papua sebagai tuan rumah dan Papua Barat.

Ronny Remon menambahkan, agenda uji coba tersebut rencanannya akan digelar di Yogyakarta atau di Bandung. Selain itu, anak asuhnya akan beradaptasi dengan cuaca agar saat berada di Papua sudah terbiasa.

“Kami sudah simulasi mencoba Papua mengukur suhu seperti apa, adaptasi. Lawan uji coba juga rencananya melawan Papua Putri yang sudah simulasi di Yogyakarta,” kata Ronny Remon di Gedung KONI Jabar, Kota Bandung, Selasa (3/11/20).

Sejauh ini, tim sepak bola putri Jawa Barat sudah menggelar laga uji coba lima hingga enam kali. Meski begitu, Ronny belum puas lantaran kualitas lawan yang dihadapi berada di bawah pasukannya.

Mengenai kekuatan tim sepak bola putri yang akan berlaga di PON Papua, Ronny Remon menilai kekuatan tim hampir merata, lantaran sebagian besar pemain Liga 1 Putri 2019 kini memperkuat tim PON daerah masing-masing.

Meski begitu, tim asal Papua menjadi perhatiannya dan patut untuk diwaspadai karena sebagai tuan rumah mereka sudah terbiasa dengan kondisi cuaca maupun lapangan.

“Banyak yang ikut Liga 1 jadi kami memantau pemain lain juga, tim Papua juga yang lolos semifinal lawan Tira-Persikabo,” ucap Ronny Remon.

Saat ini, tim sepak bola putri Jawa Barat, dihuni 21 pemain, mayoritas berasal dari Persib Putri yang merupakan kampiun Liga 1 Putri 2019 dan Tira-Persikabo Putri selaku runner-up kompetisi.

Sementara itu, pemain yang turut mengantarkan Persib Putri menjuarai Liga 1 Putri 2019, Een Sumarni, siap bekerja keras menampilkan performa terbaik pada sesi latihan maupun saat pertandingan di ajang PON Papua.

“Pertama main di Papua, persiapan mental, sejauh ini tetap ditumbuhkan ditingkatkan, nggak lihat pergi ke Papua. Melawan siapa pun, di mana pun kami harus tetap siap. Tambah jam terbang dengan menjajal berbagai karakteristik tim lawan siapa pun juga hayo,” tegas Een.