Mentalitas Kiper Persib Bandung U-18 Makin Oke Berkat TC Di Kroasia

Kepercayaan diri penjaga gawang Persib Bandung Erlangga Setyo, bertambah. Hal tersebut berkat mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia U-19, yang dilakukan di Kroasia.

Sekitar dua bulan menggelar TC di Kroasia, timnas Indonesia U-19, tidak cuma berlatih saja. Pasukan Shin Tae-yong tersebut juga melangsungkan 11 kali pertandingan uji coba.

Torehan positif didapatkan timnas Indonesia U-19, selama uji coba. Skuad Garuda Muda meraih lima kemenangan, tiga imbang, dan tiga partai lainnya berakhir dengan kekalahan.

Erlangga lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan di laga uji coba yang dimainkan timnas Indonesia U-19. Ia hanya dipercaya dua kali mengawal mistar gawang.

“Alhamdulillah, saya dapat lebih banyak dari itu. Enggak cuma kesempatan, tapi juga pengalaman dan pelajaran selama bersama timnas, terutama segi mental bertanding,” kata Erlangga dikutip laman resmi Persib.

“Dari segi teknik, saya juga dapat hal-hal baru. Tapi, mentalitas yang buat saya lebih percaya diri. Sekarang, saya bisa main dengan lepas dan fokus,” Erlangga menambahkan.

Skuad timnas Indonesia U-19 sudah pulang dari Kroasia, sejak beberapa hari lalu. Armada Shin Tae-yong dipulangkan ke klub masing-masing dan dikasih jatah libur agar kembali segar saat TC dimulai lagi.

Timnas Indonesia U-19, berencana kembali menggelar TC di luar negeri. Ada sejumlah negara yang dituju yakni Jepang, Belanda, hingga Korea Selatan, untuk menggelar agenda tersebut.

Sebelumnya timnas Indonesia U-19 berencana melangsungkan TC di Prancis sekaligus ambil bagian dalam Turnamen Toulon. Akan tetapi, agenda itu tak jadi terlaksana karena panitia penyelenggara membatalkan turnamen tersebut.

Kembali tinggi kasus virus corona di Prancis, yang membuat Turnamen Toulon dibatalkan. Panitia penyelenggara enggan mengambil risiko tetap menggelar turnamen tersebut.

Dijadwalkan TC timnas Indonesia U-19 itu digelar pada November atau Desember mendatang. Kini PSSI sedang berkomunikasi dengan federasi sepakbola negara tersebut.

TC tersebut digelar untuk mempersiapkan timnas Indonesia U-19 tampil di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20. Kedua perhelatan itu bakal dilaksanakan pada tahun depan.