Pelatih Persib Puji Perkembangan Beckham Putra Bersama TimnasU-19

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, bicara soal potensi Beckham Putra Nugraha menjadi pesepak bola top Indonesia.

Menurut Alberts, Beckham memiliki talenta besar. Asal bakatnya diasah dengan baik, Beckham bisa berada di level teratas.

Beckham merupakan pemain muda dengan bakat menonjol. Potensinya itu bahkan sudah terlihat saat Beckham mulai tampil bersama tim lintas usia Persib.

Tak hanya itu, sejumlah prestasi pun sudah pernah diraih bersama tim junior Persib. Tak heran bila Beckham sudah promosi ke tim senior saat usianya belum genap 17 tahun.

Melalui pencapaian tersebut, Beckham pun terpanggil masuk dalam skuad timnas Indonesia U19.

Adik kandung Gian Zola Nasrulloh itu sudah menjalani rangkaian pemusatan bersama timnas U-19 dalam masa persiapan menghadapi Piala Asia U19 2020 dan Piala Dunia U20 pada 2021 mendatang.

Terakhir, Beckham menjalani pemusatan latihan bersama timnas U-19 di Kroasia.

Di negeri Balkan itu, Beckham juga tampil dalam sejumlah uji tanding yang dilakoni tim asuhan Shin Tae-Yong itu.

Rencananya, Beckham akan kembali ke Bandung pada Rabu (28/10/2020).

Alberts mengatakan, dirinya selalu memantau perkembangan Beckham selama menjalani pemusatan latihan bersama timnas U-19 di Kroasia.

Sejauh ini, Alberts menilai bahwa Beckham terus menunjukkan progres signifikan.

“Saya melihat beberapa pertandingan dan rutin melakukan dialog dengan Beckham, kami mengulasnya dan bertanya apa yang ia pikirkan, apa yang dirasakannya, bagaimana kondisi mood-nya,” kata Alberts, Selasa (27/10/2020).

“Saya rasa Beckham sudah menunjukan kualitas di level itu, karena dia adalah pemain tim nasional,” sambung dia.

Meski begitu, Alberts masih ingin melihat bagaimana Beckham berkembang dalam kompetisi yang sebenarnya di level klub.

Sebab, selama di Kroasia, Beckham hanya bermain dalam uji tanding. Tentunya, tingkat persaingan dan tekanan yang dirasakan berbeda dengan pertandingan resmi di kompetisi.

Selain itu, Beckham juga lebih aktif bersama tim nasional ketimbang Persib.

Sehingga, Alberts juga belum bisa melihat perkembangan Beckham secara langsung.

Menurut Alberts, bermain di level klub dengan level timnas merupakan dua hal yang berbeda.

Meski begitu, dengan talenta yang dimiliki Beckham, Alberts percaya pemain berposisi winger itu bisa memaksimalkan potensinya saat ini untuk terus berkembang.

“Beberapa pemain bisa berkembang dengan sangat cepat, tergantung situasi yang dialami oleh pemain. Beckham, tidak berkembang bersama kami untuk saat ini, karena dia lebih sering berada bersama timnas,” tutur Alberts.

“Jadi tentu berbeda, sepak bola internasional tentu berbeda. Saat Beckham kembali dengan kami setelah Piala Dunia U20, baru kami akan mengevaluasinya,” ungkap pelatih 65 tahun itu.

“Namun, dia masih muda dan itu adalah keuntungannya. Dia punya potensi tapi harus memaksimalkannya dengan cara yang tepat,” tutur dia.