Perkembangan Timnas Indonesia U-19 Di Mata Rahmad Darmawan

Pelatih Madura United Rahmad Darmawan, mengomentari performa timnas Indonesia U-19. Menurutnya, skuad racikan Shin Tae-yong tersebut menunjukkan perkembangan yang positif.

Timnas Indonesia U-19, menggelar pemusatan latihan (TC), di Kroasia sejak 30 Agustus lalu. Bukan cuma berlatih, pasukan Garuda Muda juga menjalani 11 pertandingan uji coba.

Torehan positif didapatkan dari pertandingan uji coba tersebut. Timnas Indonesia U-19 mampu meraih kemenangan lima kali, tiga imbang serta tiga laga lainnya berakhir dengan kekalahan.

“Kalau bicara timnas Indonesia U-19, saya rasa ini targetnya masih lama. Saya rasa akan terus jadi bagian dari program pelatih Shin Tae- Yong,” kata Rahmad dikutip laman resmi Madura United.

Sosok yang karib disapa RD tersebut menilai timnas Indonesia U-19, memetik sejumlah manfaat dari TC di luar negeri. Hal itu yang menjadi modal untuk masa depan para pemain dan tim.

Terlebih, selama berada di Kroasi, timnas Indonesia U-19 juga menghadapi negara yang levelnya lebih tinggi. Agenda pertandingan uji coba yang dilaksanakan juga disusun secara baik.

“Pengalaman juga mengenai pemain melawan tim-tim besar. Membiasakan diri dengan lawan yang kompetitif. Kalau saya lihat ke sisi itu, sudah dapat. Mereka semakin percaya diri,” ujarnya.

Tak lupa RD berpesan terhadap masyarakat Tanah Air untuk mendukung penuh timnas Indonesia U-19. Mengingat, pada tahun depan mereka bakal bertanding di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20.

“Kita semua sebagai bangsa mencintai negeri ini, harus mendoakan kesuksesannya dan mendukung semuanya yang berhubungan dengan kesuksesan mereka,” ucap eks juru kemudi Persija Jakarta tersebut.

Dijadwalkan timnas Indonesia U-19, tiba di Indonesia besok, (27/10). Setelah itu, para pemain bakal diberi jatah libur sebelum kembali melanjutkan TC yang rencananya dihelat bulan depan.

Kepulangan timnas Indonesia U-19 dari Kroasia lebih cepat dari jadwal semula. Awalnya, David Maulana dan kawan-kawan kembali ke Tanah Air pada 28 Oktober mendatang.

Namun, karena dua pertandingan uji coba batal terlaksana, akhirnya timnas Indonesia U-19 memilih pulang. Terakhir, mereka hanya menggelar gim internal.