Bertemu Super Agen, Ryuji Utomo Siap Hijrah ke Liga Australia?

Bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo seolah memberikan kode bahwa dirinya siap untuk menuju ke Liga Australia pada Senin (26/10/2020).

Ryuji mengunggah postingan di instagram saat bertemu dengan agennya, Gabriel Budi.

Dalam captionnya, Ryuji menulis,”Siap”.

Sang agen, Gabriel Budi juga mengomentari postingan Ryuji itu.

“Loading,” kata Gabriel.

Gabriel Budi diketahui merupakan agen dari Ryuji Utomo.

Pria asal Surabaya yang juga dijuluki Super Agen itu turut andil dalam menjembatani karier Ryuji di Thailand.

Unggahan Ryuji ini sontak menimbulkan asumsi bahwa dirinya tengah menjajaki kemungkinan bermain di Luar Negeri lagi.

Beberapa waktu lalu, Ryuji menjadi salah satu pemain yang diulas oleh media Australia, The World Game, sebagai salah satu di antara 5 pemain yang cocok berkarier di Liga Australia.

The World Game pun menyajikan artikel yang memuat rekomendasi 5 pemain Asia yang cocok untuk bermain di A-League musim depan.

Kelima pemain yang diulas oleh The World Game adalah Hussein Monzer (Lebanon), Chan Vathanaka (Kamboja), Luong Xuan Truong (Vietnam), Ryuji Utomo (Indonesia) dan Aung Thu (Myanmar).

Menurut media Australia itu, kelima pemain dari negara Asia berperingkat lebi h rendah dari Australia layak dipertimbangkan oleh tim-tim di A-League.

“Pemain berusia 25 tahun ini dikenal sebagai bek tengah yang mempunyai ketenangan, tampil mengesankan dalam kemampuannya menguasai bola, dan memiliki keinginan untuk terus berkembang,” tulis The World Game di salah satu artikelnya, pada 9 Oktober 2020.

The World Game juga menyebut bahwa Ryuji paling cocok direkrut oleh Western Sydney Wanderers yang baru saja ditinggal oleh bek tengah mereka, Matt Jurman.

“(Ryuji Utomo) bisa membaca permainan dan memiliki kemampuan saat memegang bola yang baik. Bisa juga bermain di lini tengah jika diperlukan,” tulis The World Game.

“(Ryuji Utomo) paling cocok memperkuat Western Sydney Wanderers karena sedang membutuhkan bek tengah baru setelah kehilangan Matt Jurman yang hijrah ke Liga Yunani,” tambahnya.

Ryuji merespons positif ulasan dari The Wolrd Game itu.

Melalui instagram story, Ryuji sempat mengaminkan dirinya bisa bermain di Liga Australia suatu saat nanti.

Keputusan untuk berkarier ke luar negeri menjadi masuk akal bagi pesepak bola Indonesia di tengah ketidakpastian bergulirnya kompetisi di tanah air.

Liga Australia musim 2020-2021 sendiri akan dimulai pada Desember 2020 mendatang dan saat ini adalah waktu yang tepat bagi klub-klub Negeri Kangguru mencari pemain.

Untuk pengalaman berkarier di luar negeri, Ryuji sudah teruji.

Pemain yang mengidolai Sergio Ramos ini sempat membela klub divisi dua Liga Bahrain, Al-Najma dan juga pernah berkompetisi di kasta kedua Liga Thailand bersama PTT Rayong.

Berdasarkan transfermarkt, Ryuji Utomo memiliki kontrak di Persija Jakarta hingga 2021.

Ryuji memiliki nilai pasar 150 ribu euro atau sekitar Rp 2,5 miliar.

Benarkah unggahannya yang ada di instagram menunjukkan kesiapannya hijrah ke Liga Australia? Patut kita tunggu.