Shin Tae-yong: Bagaimana Saya Pantau Pemain dan Program jika Tak Ada Liga?

Pelatih timnas U19 Indonesia, Shin Tae-yong, menginginkan agar kompetisi Liga 1 dan Liga 1 segera diputar kembali.

Shin Tae-yong mengaku membutuhkan kompetisi agar bisa memantau pemain dan pelaksanaan program yang sudah disiapkan.

Terlebih lagi, timnas U19 Indonesia yang sejak 30 Agustus 2020 menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia akan segera pulang dan tiba di Tanah Air pada Selasa 27 Oktober 2020.

Para pemain pun direncanakan akan dikembalikan kepada klub masing-masing.

“Saya membutuhkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 diputar lagi untuk bisa memantau secara langsung perkembangan pemain di klubnya masing-masing,” ucap Shin Tae-yong dikutip dari situs resmi PSSI.

“Saya juga bisa memantau pemain. Kalau tidak ada kompetisi Liga 1 dan Liga 2, bagaimana saya bisa memantau pelaksanaan program yang sudah saya siapkan?” ucapnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu pun mengatakan, setelah TC timnas U19 di Kroasia, dia sudah bisa melakukan evaluasi terhadap individu pemain.

“Siapa yang punya kualitas bagus tentunya akan dipertahankan,” ucap Shin Tae-yong.

“Kompetisi sangat perlu agar pemain melakukan pertandingan untuk mengasah kemampuan mereka saat tidak TC dengan timnas,” ucap mantan pelatih Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 itu.

Terkait hal itu, PSSI pun berharap pihak kepolisian bisa memberi izin untuk bisa kembali menyelenggarakan kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

“Kami memohon kepada kepolisian untuk mengizinkan agar Liga 1 dan Liga 2 kembali berputar. Sebab, kompetisi ini penting bagi timnas dan tentu PSSI,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.