Sambil Menunggu Shopee Liga 1 Bergulir, Gelandang Persela Buka Usaha Cafe di Palu

Para pemain profesional di Shopee Liga 1, harus memutar otak lebih keras lagi agar keuangan keluarganya tetap aman pada masa-masa tak menentu seperti ini.

Jika kompetisi tak bergulir, mereka akan kehilangan sebagain besar pendapatan.

Saat kompetisi dihentikan pada Maret, emain mendapatkan gaji 25 persen dari nilai kontrak awal. Gaji 25 persen itu mereka terima hingga bulan Juni. Dari bulan Juli hingga saat ini, para pemain tersebut mendapatkan gaji 50 persen.

Tapi, mengingat kompetisi belum ada kejelasan, karena belum mendapat izin penyelengaraan, para pemain harus siap-siap kehilangan gaji karena ketiadaan kompetisi.

Situasi itu menuntut pemain untuk mencari usaha sampingan agar dapur keluarga mereka tetap mengebul. Seperti yang dilakukan Gelandang Persela Lamongan, Rian Wiradinata, yang saat ini sedang menyiapkan pembukaan cafe di kota kelahirannya, Palu.

“Saya sama istri sedang merintis usaha sebuah cafe. Lebih tepatnya saya membantu istri saja karena ada waktu kosong. Saya dan istri membuka usaha cafe, jualan minuman segar, jus, kopi, dan makanan-makanan ringan seperti roti bakar, nasi goreng, dan kue-kue juga,” kata Rian Wiradinata kepada Bola.com, Rabu (21/10/2020).

Rian tak membantah, saat kompetisi terhenti, ia akan memikul beban berat. Ditambah lagi, saat pendemi seperti saat ini, mencari pekerjaan lain pun sangat sulit.

Rian tak mau mengeluh dan pasrah begitu saja. Ia bersemangat membuka usaha barunya sambil menanti kepastian Liga 1, tempat utama ia mengais nafkah bagi keluarga tercinta.

“Yang jelas kehiduoan saat ini sangat berat sekali ditengah-tengah pendemi dan tidak adanya kompetisi. Pokonya berbagai cara dan mencoba hal baru harus dilakukan agar bisa memenuhi kebutuhan keluarga kami,” ujarnya.

“Semoga usaha kecil yang kami bangun ini menjadi berkah untuk keluarga kecil kami. Ini mungkin terbaik yang harus dilakukan, agar anak-anak kami tetap tercukupi kebutuhannya dan tetap bisa menabung untuk masa depan,” kata Rian.