Persebaya Surabaya Liburkan Pemain Tanpa Batas Waktu

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso memutuskan untuk meliburkan pemain hingga tanpa batas waktu yang ditentukan, karena menunggu kejelasan lanjutan Liga 1 2020 dari PSSI maupun operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Penggawa Persebaya hari ini menjalani latihan terakhir yang diwarnai gim internal. Menurut Aji, keputusan meliburkan pemain berdasarkan hasil diskusi dengan manajemen tim berdasarkan perkembangan yang terjadi belakangan ini.

Hanya saja, Aji belum bisa memastikan waktu berkumpul para pemain, sebab mereka menunggu pengumuman dari PSSI dan PT LIB. Sampai saat ini kedua otoritas sepakbola di Indonesia tersebut belum memberikan kejelasan apapun kepada klub.

“Hari ini kami putuskan libur, tadi saya sudah berkomunikasi pak Candra [Wahyudi, manajer Persebaya]. Kami tidak tahu liburnya sampai kapan, tapi yang jelas bisa lebih dari dua minggu,” ujar Aji.

“Kenapa kami tidak tahu? Karena kami masih menunggu informasi dari federasi. Nanti kalau ada informasi lebih lanjut, pastinya akan segera kami umumkan pada pemain.”

Mantan juru taktik Persela Lamongan ini sudah mempersilakan pemain, termasuk legiun asing untuk pulang berkumpul dengan keluarga. Khusus kepulangan pemain asing, lanjut Aji, mereka terlebih dulu harus berbicara dengan manajemen.

“Saya beri kebebasan pemain boleh pulang. Tentunya kalau pemain asing harus berkomunikasi dengan manajemen dulu. Tapi yang jelas tim pelatih sudah mengizinkan mereka untuk pulang,” kata Aji.

Meski diliburkan, tambah Aji, pemain tetap mendapatkan program latihan secara mandiri. Aji mengharapkan anak asuhnya dalam kondisi siap ketika dipanggil kembali ke tim, sehingga tidak perlu mengulang dari awal lagi.
Artikel dilanjutkan di bawah ini

“Mereka harus tetap latihan supaya kondisinya tidak nol saat datang kembali [ke tim]. Pemain profesional itu satu di antara tugasnya harus bisa menjaga kondisi. Pastinya teman-teman sudah profesional, sudah tahu tugas dan fungsinya,” ucap Aji.

Hingga satu pekan menjelang bergulirnya Liga 1 setelah mengalami penundaan kick-off di Oktober, PSSI maupun PT LIB belum mengumumkan kejelasan kompetisi. Mereka masih berupaya melobi pemerintah dan kepolisian agar melunak dalam mengeluarkan izin.