Kompetisi Belum Jelas, Bek Bali United Kasihan Pada Pemain Muda

Bek Bali United, Haudi Abdillah, memberikan apresiasi terhadap perkembangan pemain muda di dalam tim yang telah bekerja keras selama masa persiapan menjelang bergulirnya Liga 1 2020.

Sayangnya, hingga kini belum ada kejelasan kapan kompetisi bisa digulirkan, karena belum mendapat izin dari pihak kepolisian. Padahal, awalnya Liga 1 bakal kembali diputar pada Oktober ini.

Para pemain muda yang dipromosikan ke tim utama Bali United telah bekerja keras selama latihan. Mereka masuk proyeksi skuad untuk mengisi kuota pemain U-20, yang diregulasikan PSSI.

“Semua pemain muda yang menjalani latihan mengalami progres yang meningkat setiap harinya. Saya berharap kejelasan lanjutan Liga 1 tahun ini,” ungkap Haudi dikutip laman resmi Bali United.

“Harus ada kepastian agar pemain muda ini juga bisa menunjukkan kualitas mereka di dalam kompetisi resmi,” sambung pemain kelahiran Denpasar yang pernah membela PSIS Semarang tersebut.

Menurut Haudi, ketidakjelasan situasi saat ini merugikan banyak pihak yang bergelut di industri sepakbola. Bagaimana pun, mental pemain pun terganggu karena belum ada kepastian kapan liga dimulai.

Sementara ini PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tengah berharap dan berusaha supaya Liga 1 dan Liga 2 bisa digelar November mendatang. Namun, semua bergantung pada izin dari kepolisian.

Polri (Kepolisian Republik Indonesia) punya dua alasan mengapa mereka menahan izin keramaian untuk kegiatan olahraga profesional macam Liga 1. Pertama karena pandemi virus corona, lalu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Semua pemain tentu ingin menerima kejelasan kompetisi dapat dilanjutkan atau tidak dengan waktu yang pasti. Semoga keputusan liga lanjut bisa dipercepat dan hasilnya dapat diterima oleh seluruh masyarakat Indonesia terutama yang bekerja di industri sepakbola,” tutup Haudi.

Sejauh ini Bali United masih menjalankan program latihan mereka sambil menunggu kepastian kompetisi. Sebelumnya tim juara bertahan Liga 1 ini harus rela tak melanjutkan kiprah mereka di Piala AFC, karena AFC memutuskan bahwa kompetisi musim 2020 dihentikan.

Kapan Liga 1 bergulis masih misteri, bisa saja bulan depan, Desember, atau bahkan tahun depan. Perubahan format kompetisi juga mungkin dilakukan jika Liga 1 baru bisa dimulai pengujung tahun 2020. Hal itu dilakukan demi mempersingkat durasi kompetisi.

Sebelum Liga 1 dihentikan pada 16 Maret lalu karena wabah virus corona, Bali United meraih dua kemenangan dan satu hasil imbang. Mereka menang atas Barito Putera dan Madura United, sementara imbang versus tim promosi, Persik Kediri.