Yogyakarta Mati Suri Lagi, Liga 1 2020 Sulit Digelar November

Aktivitas sepak bola di Yogyakarta pada pekan ketiga Oktober 2020 akhirnya kembali mati suri. Itu setelah ditinggal klub-klub Liga 1 2020.

Sejatinya, jika pelaksanna Liga 1 2020 mendapat izin dari Polri, aktivitas sepak bola di daerah istimewa ini akan sangat padat mulai awal Oktober lalu.

Pasalnya, ada tujuh klub Liga 1 2020 yang akan bermarkas di Yogyakarta: empat klub di Stadion Maguwoharjo Sleman dan tiga klub di Stadion Sultan Agung Bantul.

Tujuh tim yang dimaksdu itu adalah Persiraja Banda Aceh, Persija Jakarta, PSS Sleman, Barito Putera, Borneo FC, PSM Makassar, dan Bali United.

Dari ketujuh klub ini, enam di antaranya telah melibutkan skuad dari latihan. Satu-satunya tim yang masih latihan adalah Bali United. Itu pun latihan di Bali.

Terbaru, Persiraja yang sudah berada di Kota Gudeg tersebut sejak akhir September 2020, juga memutuskan pulang kampung ke Tanah Serambi Mekkah, sebutan Aceh.

Sebelumnya, Juku Eja, julukan PSM, juga meninggalkan Yogyakarta. Barito Putera, Borneo FC, dan Bali United, lebih dahulu memutuskan pulang ke kota asalnya.

Bahkan, tim tuan rumah, PSS, juga telah meliburkan tim. Ketidakjelasan lanjutan Liga 1 2020 membuat klub berpikir pragmatis karena keuangan kian menipis.

Bahkan, pelatih PSS Sleman, Dejan Antonic, batal bergabung dengan skuad PSS dalam persiapan menyambut kelanjutan kompetisi musim ini, Liga 1 2020.

Sejatinya Dejan Antonic dijadwalkan tiba di Indonesia pada Jumat, 16 Oktober 2020. Rencana itu dibatalkan karena lanjutan Liga 1 2020 tertunda tanpa kejelasan lagi.

Manajer PSS, Danilo Fernando, dalam rilis yang disebar ke media massa, Selasa (20 Oktober 2020), mengatakan Dejan Antonic dengan terpaksa batal kembali ke Indonesia.

“Mereka siap berangkat ke Yogyakarta. Tetapi dengan tidak adanya kepastian kompetisi, maka kami putuskan ditunda dulu,” kata Danilo Fernando dalam rilisnya.

Tak hanya Antonic, asisten pelatih PSS, Mladen Dodic, dan pemain bertahan asal Australia, Aaron Evans, juga membatalkan jadwal keberangkatan ke Indonesia.

Dengan hilangnya aktivitas sepak bola dari sebagain klub dan izin polisi belum juga keluar, hampir bisa dipastikan Liga 1 2020 tak akan berlanjut pada awal November.

Pasalnya, klub membutuhkan waktu untuk persiapan terjun dalam kompetisi dan operator harus pula menyiapkan jadwal dan segala perlengkapan kompetisi.

Pada Selasa (22/10/2020) siang, Polri juga telah membantah telah memberi restu kepada PSSI untuk kelanjutan Liga 1 2020, seperti isu yang muncul di media sosial.