Bek Asing Persiraja Banda Aceh Adam Mitter Sampaikan Salam Perpisahan

Tanda tanya mengenai kelanjutan Liga 1 2020 memaksa Adam Mitter merasa patah arang. Palang pintu asal Inggris itu memutuskan berpisah dengan Persiraja Banda Aceh setelah skuad Lantak Laju diliburkan tanpa batas waktu.

Liga 1 yang diharapkan dapat dilanjutkan kembali pada November hingga kini belum ada kepastian. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tak kunjung mendapatkan izin keramaian dari kepolisian untuk menggelar kompetisi.

Manajemen Persiraja telah memutuskan untuk menghentikan kegiatan latihan di Yogyakarta, karena pesimistis kompetisi dapat dilanjutkan pada bulan depan. Pemain akan dipanggil ke tim jika sudah ada jadwal pasti.

Namun Mitter memilih untuk meninggalkan klub bermarkas di Banda Aceh tersebut, dan menyampaikan ucapan terima kasih manajemen dan suporter. Pemain berusia 27 tahun itu mendapatkan pengalaman berharga bersama Persiraja.

“Kepada bapak presiden [klub] Nazaruddin Dek Gam, para pendukung Persiraja, dan rakyat Aceh, saya hanya ingin meluangkan waktu untuk mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bermain di tim luar biasa ini. Saya merasa bersyukur dan beruntung,” demikian tulis Mitter melalui akun Instagram pribadinya.

“Saya banyak menerima pesan terkait masa depan dan situasi saya saat ini, sehingga saya ingin menjelaskan semuanya. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang, tapi besok saya akan terbang ke Inggris, dan menunggu di sana.”

“Saat ini banyak ketidakpastian di persepakbolaan Indonesia, dan saya sulit untuk menjawab apapun. Tapi sangat penting untuk mengakui apa yang sudah kami dapatkan di musim yang singkat ini.”

“Itu tidak akan terjadi tanpa dukungan presiden [klub] dan kali. Saya berharap dapat kembali bermain di hadapan kalian suatu hari nanti. Sekarang saya hanya mengingatkan semua orang tetap menjaga keselamatan. Tak peduli apapun yang terjadi, mereka tidak bisa mengambil kenangan kita.”

Bermain di Indonesia menjadi pengalaman pertama bagi Mitter dalam karir sepakbolanya. Meski sudah melanglang buana di sejumlah negara, Mitter tidak segan melakoni karir pertamanya dengan bergabung di klub promosi Liga 1.

Mitter mendapat kepercayaan untuk tampil di tiga pertandingan pertama sebelum kompetisi dihentikan akibat pandemi virus Corona. Pemain kelahiran Shrewsbury ini turut membantu Persiraja memperoleh satu kemenangan dan dua hasil imbang.