Tujuan Robert Alberts Menggelar Latihan Tiga Kali dalam Sepekan

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengatakan belum jelasnya lanjutan kompetisi Liga 1 2020, membuat skuat Maung Bandung hanya akan berlatih tiga kali dalam sepekan.

Menurut pelatih asal Belanda ini, jika pemain dipaksakan berlatih setiap hari dalam sepekan, dikhawatirkan akan membuat pemain kelelahan dan juga bosan. Lantaran, hingga saat ini belum ada kejelasan mengenai lanjutan kompetisi Liga 1 2020.

Sebagai informasi, pada manager meeting yang digelar di Yogyakarta bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Selasa (13/10/20), seluruh klub sepakat untuk melanjutkan kompetisi pada 1 November 2020.

Hanya saja, hingga saat ini pihak kepolisian belum memberikan izin keramaian, lantaran pandemi covid-19 masih tinggi dan fokus pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Kami harus menjaga keseimbangan tim, meski ada ketidakjelasan soal kondisi liga saat ini. Pemain sangat kelelahan, baik fisik maupun emosi, jadi saya tidak bisa meminta terlalu banyak dari mereka. Karena jika nanti liga benar-benar digelar, pemain justru akan kehabisan tenaga,” kata Robert Alberts seusai memimpin latihan, Selasa (20/10/20).

“Ada banyak yang sudah merasakan itu terutama soal mental, bukan hanya pemain, tapi orang-orang yang bekerja di sepak bola seperti official dan bahkan juga media mengalami itu. Jadi penting untuk menjaga keseimbangan,” tambahnya.

Program latihan tiga kali dalam sepekan, diharapkan bisa menjaga motivasi anak asuhnya. Karena, setelah berlatih dengan skuat Maung Bandung, mereka memiliki waktu untuk berkumpul bersama keluarga.

Sehingga, menurut mantan pelatih PSM Makassar ini, saat kembali berlatih dengan skuat Maung Bandung pemain menjadi lebih fresh dan bisa menjalankan program yang sudah disiapkan olehnya dengan maksimal.

“Di Persib, kami berlatih tiga hari sepekan secara berturut-turut dan setelah itu pemain mempunyai waktu berkumpul dengan keluarga. Jadi ketika mereka kembali berlatih lagi, mereka lebih termotivasi dan ritme itu sejauh ini dipertanggungjawabkan dengan baik oleh pemain, karena mereka bisa menjaga level latihan yang kami lakukan,” ucapnya.

“Mereka kembali dengan pikiran yang fresh, karena sudah berkumpul bersama keluarga. Bisa dilihat intensitas ketika latihan sangat fantastis. Dan saya sangat senang dengan apa yang dilakukan di Persib Bandung karena kami juga didukung penuh oleh manajemen,” jelasnya.

Sementara itu, Robert Alberts memprediksi kompetisi Liga 1 2020 bakal bergulir kembali pada Januari 2021. Karena, melihat situasi dan kondisi saat ini, tipis kemungkinan kompetisi bisa digelar November atau Desember 2020.