Shopee Liga 1: Persik Diliburkan Tanpa Batas, Budi Sudarsono Fokus Tambah Ilmu Melatih

Budi Sudarsono tak mau larut dengan ketidakpastian jadwal lanjutan Shopee Liga 1 2020. Pelatih Persik Kediri ini memilih fokus menambah ilmu kepelatihan.

Maklum, sebagai pelatih debutan di kasta tertinggi Indonesia, Budi mengaku masih harus belajar banyak. Proses belajar itu dilakukan Budi secara mandiri maupun diskusi dengan rekan sejawat pelatih.

“Saya ambil sisi positif dari penundaan Liga 1 ini. Roda hidup terus berputar. Saya juga harus mengisi waktu luang dengan kegiatan positif. Saya pilih untuk belajar ilmu melatih,” kata Budi Sudarsono.

Di sela-sela kesibukan rutinitas bersama keluarga, pelatih asli Kediri ini membuka-buka kembali materi kursus pelatih yang pernah diikutinya.

“Ya, untuk mengingat kembali hal-hal yang mungkin saya sudah lupa. Ilmu saya agar makin matang. Dari proses pengulangan ini, ternyata saya menemukan ide-ide baru yang nanti bisa dipakai di kompetisi,” ujarnya.

Mencari Pengalaman

Jika tidak berkutat dengan buku, mantan striker Timnas Indonesia ini menelusuri portal-portal internet yang berkaitan dengan materi yang dibutuhkannya.

“Saya sedang mengumpulkan beberapa materi dari internet. Apapun saya lakukan untuk menambah wawasan kepelatihan,” ucapnya.

Terkadang Budi tak malu untuk bertanya dengan kolega sesama pelatih yang dianggapnya lebih senior atau rekan yang lebih dulu menekuni dunia kepelatihan.

“Prinsip mencari ilmu tak boleh malu bertanya. Terutama kepada pelatih-pelatih yang lebih berpengalaman. Alhamdulillah teman-teman tak pelit untuk membagi ilmunya,” tuturnya.