PSS Sleman Libur Sampai Ada Kejelasan Liga 1

Masih buramnya lanjutan Liga 1 musim ini membuat aktivitas bersama PSS Sleman, ditiadakan. Para pemain baru berkumpul kembali setelah ada kejelasan nasib kompetisi sepakbola kasta teratas Tanah Air.

Berdasarkan hasil rapat yang diadakan PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan klub disepakati lanjutan Liga 1 musim ini dihelat pada 1 November mendatang. Hanya saja, kesepakatan tersebut belum tentu dapat terealisasi.

Kepolisian Republik Indonesia emoh mengeluarkan izin keramaian untuk bergulirnya lanjutan Liga 1 di bulan depan. Alasannya, karena belum berakhirnya pandemi virus corona, dan bakal digelarnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Dalam kondisi seperti ini direksi PSS ambil keputusan untuk sementara berhenti kegiatan latihan sampai dapat kabar selanjutnya soal Liga 1,” kata manajer PSS, Danilo Fernando.

Situasi yang ada tersebut membuat rencana PSS, berubah. Kedatangan pelatih Super Elang Jawa Dejan Antonic, beserta asisten pelatih Mladen Dodic, dan bek Aaron Evans, ditunda.

Padahal, manajemen PSS telah mengurus segalanya seperti tiket pesat dan lain-lainnya untuk kedatangan mereka dari luar negeri. Dijadwalkan mereka tiba di Indonesia pada 16 Oktober 2020.

“Mereka siap berangkat. Tapi karena tidak ada kepastian kompetisi, maka kami putuskan menunda kedatangan mereka,” ujar sosok berdarah Brasil tersebut.

Bila izin benar tidak diberikan oleh Kepolisian Republik Indonesia untuk melaksanakan lanjutan Liga 1 pada 1 November 2020, PSSI telah menyiapkan opsi lain. Kompetisi bakal dilangsungkan, Desember atau Januari tahun depan dengan mengubah format menjadi dua wilayah seperti beberapa tahun yang lalu.

Liga 1 musim ini sudah dihentikan sejak pertengahan Maret lalu, akibat pandemi virus corona. Sebelum kompetisi berhenti bergulir PSS sudah memainkan tiga pertandingan.

Dari tiga pertandingan yang dilaksanakan, PSS belum pernah meraih kemenangan. Pasukan Dejan Antonic tersebut menuai dua kekalahan dan satu imbang.

Raihan tersebut membuat PSS harus puas menempati peringkat 16 dengan koleksi satu angka. Klub yang identik dengan warna hijau itu tertinggal delapan poin dari Persib Bandung yang berada di pucuk klasemen.