Prediksi UEA U-16 Vs Timnas Indonesia U-16: Cari Pengalaman Sebelum Terjun ke Piala AFC

Untuk pertama sejak pandemi COVID-19, Timnas Indonesia U-16 melakoni pertandingan uji coba internasional. Pelatih Bima Sakti beruntung dapat bermain di kandang lawan. Atmosfer ini yang dicarinya sebelum berkiprah di Piala AFC U-16 2020.

Timnas Indonesia U-16 akan menantang Uni Emirat Arab (UEA) U-16 pada pertandingan uji coba yang berlangsung dua kali. Pertama, kedua kesebelasan bakal bertemu pada Rabu (21/10/2020) di Stadion Diab Awana, Dubai.

Selain mencari pengalaman, Timnas Indonesia U-16 akan mendapatkan manfaat lain dari laga uji coba kontra UEA U-16. Permainan tuan rumah diyakini tidak jauh berbeda dengan Arab Saudi U-16, calon lawan Alexandro Felix Kamuru dan kawan-kawan di Piala AFC U-16 2020.

“Uji coba ini akan menjadi tolok ukur kami ke depannya. Cara bermain UEA U-16 ini mirip seperti Arab Saudi U-16 yang akan menjadi lawan kami di Piala AFC U-16 2020,” kata Bima Sakti.

“Ini menjadi kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin bagi para pemain karena akan beruji coba di luar negeri. Apalagi, UEA U-16 juga menjadi kontestan Piala AFC U-16 2020.”

“Kami membawa nama negara, sehingga semuanya harus disiplin. Bukan hanya menjaga kondisi fisik, tetapi juga menerapkan protokol kesehatan sehingga semua sehat pada sebelum dan sesudah sampai di Indonesia,” jelas Bima Sakti.

Bima Sakti memboyong 22 pemain untuk beradu kekuatan dengan UEA U-16. Wajah-wajah lama seperti Ahmad Athallah Araihan, Diandra Diaz Dewari, dan Marselino Ferdinan masih menjadi tulang punggung Timnas Indonesia U-16.

“Yang pasti, sejak awal, kami sudah memiliki kerangka timnya. Kami sudah memanggil beberapa pemain yang lain di luar kerangka tim sebagai tambal sulam. Sebab, kebijakan ini kami lakukan karena Timnas Indonesia U-16 memerlukan pemain di beberapa posisi untuk diperkuat lagi,” terang Bima Sakti.

“Kami menambah pengalaman dalam uji coba melawan Timnas UEA U-16 nanti, dan kami saling menjaga agar semua sehat sebelum dan setelah pertandingan nanti,” jelas mantan pelatih Timnas Indonesia senior tersebut.

UEA U-16 Serius
Uni Emirat Arab (UEA) U-16 menatap pertandingan uji coba melawan Timnas Indonesia U-16 dengan serius. Armada Majid Salem itu memanggil 26 pemain terbaik.

Kedua tim akan memanfaatkan pertandingan ini sebagai rangka persiapan menuju Piala AFC U-16 2020. Turnamen tersebut semula bakal bergulir pada Desember 2020, namun ditunda hingga tahun depan akibat pandemi COVID-19.

Direktur UEA, Salem Al-Yaqoubi, mengatakan partai persabahatan melawan Timnas Indonesia U-16 penting bagi timnya setelah vakum selama beberapa waktu.

“Pertandingan kontra Timnas Indonesia U-16 akan menajdi kesempatan yang bagus bagi Majid Salem untuk mencoba sejumlah elemen baru dan mencoba kesiapan teknik dan fisik para pemain,” kata Salem Al-Yaqoubi dinukil dari laman Asosiasi Sepak Bola UEA (UAEFA).