Persebaya Surabaya Ancang-Ancang Liburkan Pemain

Ketidakpastian kelanjutan Liga 1 2020 digulirkan November mulai membuat Persebaya Surabaya kehilangan kesabaran. Manajemen dan pelatih berencana meliburkan pemain bila pada pekan ini tidak ada kabar mengenai nasib kompetisi.

Pelatih Aji Santoso mengungkapkan, ia bersama pemain sempat masih menyimpan harapan kompetisi dapat digulirkan lagi. Apalagi penggawa Persebaya juga masih dalam semangat tinggi mengikuti program latihan yang diberikan jajaran pelatih.

“Anak-anak gairahnya sangat bagus meskipun mereka tahu semua kompetisi belum jelas. Saya juga sudah komunikasi dengan manajer untuk latihan kami hanya sampai hari Jumat [23/10], sambil menunggu berita satu dua hari ke depan,” terang Aji dilansir laman resmi klub.

Komunikasi itu berdasarkan pantauan Aji terhadap perkembangan terkini sejumlah tim kontestan Liga 1 lainnya. Beberapa tim sampai sekarang masih belum mengagendakan latihan, sehingga sinyal Liga 1 2020 bakal dilanjutkan November makin meredup.

Aji mencontohkan sejumlah tim luar Pulau Jawa yang sudah tiba di Yogyakarta mulai meliburkan pemain, seperti Barito Putera dan PSM Makassar. Sedangkan Persipura Jayapura dan Persela Lamongan sampai sekarang belum melanjutkan program latihan tim.

Kenyataan tersebut membuat Aji pesimistis Liga 1 dapat digulirkan pada November. Ditambah pihak kepolisian sampai sekarang belum memberikan lampu hijau mengenai kemungkinan kompetisi dilaksanakan pada bulan depan.

“Saya juga lihat sekarang banyak tim yang libur, banyak tim yang pulang ke tempat asal masing-masing. Menurut saya memang kemungkinan sangat berat jika berjalan November, karena ada indikasi-indikasi tim yang di Yogya sudah pada hampir semua pulang,” beber Aji.

Aji menambahkan, ia kini fokus untuk menjaga mental pemain agar mereka tidak mengalami penurunan dalam beberapa hari latihan tersisa. Aji juga tak banyak mengubah program latihannya.

“Latihan hampir sama dengan kemarin-kemarin. Masih banyak upaya supaya pemain tidak bosan. Ini tadi (kemarin) ada kompetisi, hanya gim setengah lapangan,” ucap mantan pelatih Persela Lamongan tersebut.

Sebelumnya diwartakan, ketua umum PSSI Mochamad Iriawan telah menyampaikan situasi lanjutan Liga 1 2020 akibat terbentur izin keramaian dari kepolisian kepada Presiden RI Joko Widodo dalam rapat terbatas membahas persiapan Piala Dunia U-20 kemarin.