Mental Pemain Lelah, Persib Bandung Latihan Tiga Kali dalam Sepekan

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mencoba skema jadwal latihan baru selama masa depan kompetisi Liga 1 2020 belum jelas.

Perubahan jadwal latihan Persib Bandung ini juga diikuti dengan perubahan program latihan.

Robert Rene Alberts menyebut, Persib hanya akan menggelar sesi latihan sebanyak tiga hari dalam sepekan.

Menurut Robert, skema semacam ini merupakan bentuk antisipasi yang disiapkan tim pelatih untuk menjaga mental dan semangat para pemain.

“Pemain terlihat cukup lelah, terutama soal mental. Itu karena mereka memikirkan kapan liga akan berlanjut lagi,” kata Robert, dikutip dari laman resmi klub.

Pelatih asal Belanda itu menjelaskan, penurunan semangat tak hanya terjadi pada pemain, tetapi juga sebagian besar staf Persib Bandung.

Itu sebabnya, Robert membuat kesepakatan dengan manajemen Persib untuk mengurangi kuantitas latihan agar pemain bisa mendapat jatah libur lebih lama.

Dengan cara semacam ini, Persib berharap para pemain bisa menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga.

Sehingga, saat kembali berlatih di lapangan, semangat dan motivasi seluruh anggota tim kembali utuh.

“Tdak hanya pemain, tetapi juga orang-orang yang bekerja di lingkungan sepak bola, yakni staf ofisial dan media,” kata Robert.

“Jadi, kami memilih untuk berlatih selama tiga hari, kemudian menikmati waktu bersama keluarga,” ia menambahkan.

Namun demikian, satu di antara tiga hari sesi latihan itu bakal digelar dengan intensitas yang tinggi.

“Semua ini agar pemain bisa tetap termotivasi dan juga untuk mengasah kecepatan berpikir mereka di lapangan,” tutur Robert.

“Begitu pula, ini berlaku saat melakukan transisi ketika bertahan dan menyerang,” juru taktik berusia 65 tahun itu menambahkan.