Timnas Indonesia U-19 Siap Balas Dendam Lawan Bosnia-Herzegovina

Timnas Indonesia U-19 akan kembali bertemu Bosnia-Herzegovina pada laga uji coba di Stadion NK Omis, Split, Kroasia, Selasa (20/10) malam WIB. Sebelumnya, timnas U-19 kalah dari Bosnia, 1-0.

Kekalahan tersebut tak mau sampai terulang, timnas U-19 melakukan persiapan yang lebih matang kali ini untuk menghadapi Bosnia. Hal itu ditegaskan oleh gelandang timnas U-19, Beckham Putra.

“Tentu kami seperti biasa terus melakukan persiapan yang baik jelang menghadapi Bosnia-Herzegovina. Kami akan berjuang keras dan tidak ingin kalah lagi dari mereka,” ungkap Beckham, dikutip laman resmi PSSI.

Shin Tae-yong, pelatih timnas U-19, menuturkan bahwa tidak ada persiapan khusus menyambut laga ini. Namun seluruh tim makin siap dan telah memperlihatkan perkembangan bagus, sehingga lebih percaya diri pada pertemuan ini.

“Saat ini kami terus mematangkan permainan. Melawan Bosnia-Herzegovina, persiapan kami tetap seperti pertandingan sebelumnya. Tentu kami ingin pemain terus meningkat dan berkembang kemampuannya,” ungkap Tae-yong.

Pada pertemuan sebelumnya Tae-yong melakukan rotasi yang cukup banyak pada susunan sebelas awal timnas U-19. Tae-yong menyebut Bosnia merupakan lawan yang bagus untuk timnas U-19, dan ia berharap pemain makin terbiasa dengan lawan berkualitas.

“Bosnia Herzegovina tim yang bagus dan postur mereka besar. Tentu uji coba ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain,” ujar pelatih yang menukangi timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

“Pemain telah bekerja keras, namun potensi tim yang sesungguhnya belum keluar. Pemain tidak punya banyak waktu untuk istirahat, karena banyak pertandingan uji coba,” urai Tae-yong soal perkembangan para pemain.

Pemusatan latihan (TC) timnas U-19 di Kroasia tinggal beberapa hari lagi. Tiga pertandingan tersisa untuk Witan Sulaeman dan kolega sebagaimana jadwal yang dirilis PSSI beberapa waktu lalu.

Laga melawan Bosnia akan kembali dimainkan pada 23 Oktober, sehingga total Garuda Muda bentrok dengan Bosnia sebanyak tiga kali selama di Kroasia. Setelahnya, kemungkinan timnas U-19 akan menghadapi tim junior dari Hajduk Split, 26 Oktober.

TC ini dilakukan sebagai persiapan menuju Piala Asia U-19 2020 yang diundur ke tahun depan karena pandemi virus corona. Indonesia berada di Grup A bersama tim tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.