Tiba di Jayapura, Tim Jatim Bakal Hadapi Tim Papua di Laga Eksebisi

Tim sepak bola Jawa Timur (Jatim) kini tengah berada di Kota Jayapura, setelah tiba dari Surabaya dengan menggunakan pesawat Batik Air, Sabtu (17/10/20) kemarin.

Kedatangan skuat tim sepak bola Jatim itu untuk memenuhi undangan laga eksebisi peresmian venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, 23 Oktober mendatang.

Setelah mendarat di Jayapura, skuat besutan pelatih gaek, Rudi Wiliam Keltjes itu menginap di wisma atlet megah yang baru saja diresmikan oleh Pemerintah Provinsi Papua.

Meskipun sebelumnya sempat menimbulkan tanda tanya pasca keputusan seremonial peresmian digelar secara virtual. Kehadiran tim Jatim kian memastikan jika laga eksebisi kontra tim sepak bola Papua yang akan digelar di Stadion Lukas Enembe bakal terlaksana.

Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 dalam seremonial peresmian itu, Ketua panitia peresmian yang juga selaku Panitia Besar (PB) PON XX, Yunus Wonda mengatakan, tim sepak bola Jatim akan menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai bagian dari persyaratan protokol kesehatan pencegahan virus corona.

“Tim Jawa Timur sudah tiba dan saat ini berada di Wisma Atlet, mereka akan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum nanti berlaga,” ujar Yunus, Minggu (18/10/20).

Laga eksebisi pada peresmian venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dipastikan bakal terlaksana meskipun hanya bisa disaksikan oleh masyarakat secara virtual.

Sebelumnya, Sekretaris panitia peresmian venue yang juga selaku Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua, Kenius Kogoya mengakui, laga eksebisi tersebut sangat penting untuk digelar.

Selain bertepatan dengan peresmian venue, juga sebagai momentum untuk mengukur kemampuan tim sepak bola Papua besutan Eduard Ivakdalam.

Pasalnya, Jawa Timur merupakan tim yang bakal menjadi lawan berat tim Papua di cabang olahraga sepak bola untuk memperebutkan medali emas PON XX.

“Laga uji coba sepak bola PON Papua vs Jawa Timur bagus untuk kita melihat sejauh mana kesiapan Papua yang sudah melakukan pemusatan latihan selama satu tahun ini,” ujar Kenius.

Tim sepak bola Jawa Timur tiba di Kota Jayapura untuk menantang tim sepak bola Papua dengan membawa 20 orang pemain dan 9 official. Dijadwalkan, mereka akan menggelar ujicoba lapangan di Stadion Lukas Enembe, Minggu ini.