Robert Alberts Tetap Jaga Keyakinan Liga 1 Bakal Bergulir Lagi

Situasi sepakbola Indonesia saat ini sangat mengecewakan, lantaran kompetisi dalam kondisi abu-abu soal kapan bisa digelar lagi. Sementara ini, ditetapkan bahwa Liga 1 2020 kembali kick-off November nanti.

Jadwal tersebut sesuai rencana dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) setelah klub pun berkomitmen untuk melanjutkan kompetisi musim ini, dari yang semestinya digelar pada Oktober, namun tak dapat izin kepolisian.

Polri, atau Kepolisian Republik Indonesia, menilai bahwa situasi pandemi virus corona di Indonesia belum terkendali, sehingga tak mengeluarkan izin keramaian. Selain itu, bakal ada Pemilhan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Desember nanti.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, tetap berusaha menjaga keyakinannya bahwa kompetisi bakal tetap dilaksanakan, meski entah kapan. Ia saat ini hanya berpikir tetap fokus dalam mempersiapkan tim jelang kompetisi.

“Kami masih percaya bahwa liga, dengan format apa pun, akan bergulir lagi, karena itu adalah berita resmi yang kami dapatkan terakhir,” ungkap Robert selepas memimpin sesi latihan, Senin, 19 Oktober, seperti dikutip laman resmi Persib.

Jika memang tidak bisa dilaksanakan November, klub pun siap untuk menggelarnya Desember atau bahkan Januari tahun depan. Perubahan format menjadi hal sangat mungkin, demi mempersingkat durasi dari kompetisi.

Menurut Robert, situasi pandemi ini harus disesuaikan dengan kesiapan seluruh pelaku. “Saat ini, dunia harus belajar bahwa Covid-19 adalah realitas yang mesti dihadapi. Dengan catatan, kita mengikuti semua instruksi agar tetap sehat dan aman, sebisa mungkin,” tutupnya.

Sementara itu, bek kiri Persib, Ardi Idrus, tak bisa menampik bahwa ada rasa jenuh dengan rutinitas saat ini, yakni latihan sambil menunggu pertandingan resmi yang tidak jelas kapan dimulai. Ia pun menuturkan cara dirinya menghindari rasa jenuh.

“Saya biasa menonton film action. Saya suka film Iron Man atau film laga lainnya secara online. Selain itu nambah latihan mandiri. Cari hal positif saja walau situsi seperti saat ini,” ungkap pemain asal Ternate tersebut.

“Hilangkan kejenuhan nongkrong, karena kami juga bingung harus ngapain dan ke mana saja. Jadi coba cari kegiatan positif saja,” tutup mantan pemain PSS Sleman ini.