Liga 1 2020 Bisa Mundur Sampai Januari, Rahmad Darmawan: Lupakan Saja Musim Ini

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan ikut geram atas kabar kembali ditundanya kompetisi.

Nasib kompetisi Liga 1 2020 memang berada di ambang ketidakjelasan yang membuat klub-klub Liga 1 menjerit.

Rahmad Darmawan turut menanggapi pernyataan dari PSSI yang memiliki tiga opsi terkait nasib Liga 1 2020.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyediakan pilihan apabila Liga 1 2020 tak bisa bergulir 1 November mendatang berarti akan berlangsung 1 Desember 2020.

Namun, jika Liga 1 2020 belum juga bisa bergulir hingga akhir tahun, PSSI memastikan kompetisi dimulai 1 Januari 2021.

Tentunya dengan pertimbangan PSSI bakal melakukan perubahan format karena alasan waktu yang begitu sempit.

Ditambah lagi Indonesia juga tengah mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang rencananya bergulir Mei hingga Juni 2021.

Rahmad Darmawan mengatakan sangat tidak masuk akal apabila kompetisi musim 2020 tapi baru dimulai kembali awal tahun 2021.

“Kalau seperti kemarin masih masuk akal ya ditunda November. Tapi kalau jadinya merembet ke Januari ya seperti apa yang saya bilang sebelumnya. Kita lupakan saja Liga 1 musim ini,” kata Rahmad Darmawan dalam webinar yang turut dihadiri BolaSport.com, Sabtu (17/10/2020).

Menurut mantan pelatih timnas Indonesia tersebut, melupakan musim 2020 akan lebih baik dari pada dipaksakan bergulir awal tahun.

Rahmad Darmawan mengatakan akan lebih baik kalau kompetisi dihentikan dan lebih fokus pada musim depan.

“Jadi kami bisa berlanjut dan berfokus dikompetisi 2021, dan saya rasa itu lebih realistis ya,” ujar pria yang akrab disapa RD tersebut.

“Karena sekali lagi melanjutkan kompetisi dengan dimulai Januari 2021 tentu saja akan banyak pergorbanan yang luar biasa. Tidak hanya kami sebagai pelaku, tapi juga pemilik klub juga sama merasakan kerugian,” ucapnya.

Selain itu, RD mengatakan seharusnya lanjutan Liga 1 2020 tidak perlu ada perubahan format.

Hal ini karena sebelumnya PSSI menyatakan jika Liga 1 bergulir Desember format bisa berubah dan bisa juga tidak.

“Kalau konteksnya melanjutkan kompetisi itu format tidak berubah. Kalau toh ada satu keputusan bahwa format sama tapi dalam tanda kutip ada perubahan yang tadinya kompetisi penuh menjadi setengah kompetisi yang artinya satu putaran saja dilaksanakan, itu nantinya kami akan memahami itu sebagai sebuah kondisial seperti ini memang tidak mudah,” tutur RD.

“Bahkan negara tetangga pun sudah melakukan itu. Buat saya yang penting kami bisa terus mengasah kemampuan kami dan terus bersinggungan dengan passion kami. Itu juga termasuk cara kami menjaga imunitas kami,” katanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.