Tekad Mohammad Kanu demi Dapat Kepercayaan Shin Tae-yong agar Tembus Tim Utama

Tekad kuat gelandang timnas U-19 Indonesia, Muhammad Kanu Helmiawan, demi mengantongi kepercayaan Shin Tae-yong agar bisa tembus tim utama skuad Garuda Nusantara.

Muhammad Kanu akhir-akhir ini selalu diturunkan oleh pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin tae-yong untuk memperkuat tim.

Dalam pemusatan latihan (TC) timnas U-19 Indonesia di Kroasia yang berjalan hampir dua bulan ini sudah menggelar 10 laga uji coba.

Namun, tak semua pemain turut merasakan memperkuat tim dalam 10 laga terakhir yang dijalani skuad Merah Putih tersebut.

Hal ini pula yang dirasakan Muhammad Kanu karena ia baru dipercaya Shin Tae-yong turun memperkuat tim di tiga laga terakhir ini.

Pemain Muba Babel United itu baru dimainkan saat timnas U-19 Indonesia, melawan Dinamo Zagreb, NK Dugopolje, dan Makedonia Utara, Rabu (14/10/2020).

Selama diberi kesempatan bermain, Kanu sukses menampilkan permainan apiknya, bahkan pemain bernomor punggung 19 itu membantu serangan dan pertahanan tim.

Untuk dipercaya memperkuat timnas U-19 bukanlah perjalanan yang mudah untuk Kanu, ia pun berbagi cerita bagaimana awalnya bisa memulai kariernya sebagai sepak bola.

Sampai saat ini ia ingin bisa bermain dan menembus tim utama timnas U-19, karena dalam beberapa kali pertandingan ia selalu dipercaya sebagai pemain pengganti.

Namun, perjalanan panjang Mohammad Kanu dalam dunia sepak bola memang tidak mudah.

Memulai karier dari Sekolah Sepak Bola (SSB) pada 2008, setelah itu ia bahkan memutuskan pindah ke SSB Mutiara Cempaka Arcici dan Asiop Apacinti 2016.

Perjalanannya terus berlaku hingga ia masuk PPLP Sumatera Barat dan bahkan bergabung dengan Persija Jakarta U-19 pada 2017.

Serta sejak 2018 hingga saat ini ia masih bertahan di Muba Babel United.

Sementara itu, Kanu saat ini ingin fokus memperkuat timnas untuk saat ini.

Kanu pun menceritakan semua awal mulanya bisa dipercaya memperkuat timnas U-19 Indonesia dan dipilih oleh Shin Tae-yong masuk tim.

“Saya pada awal 2020 mendapat panggilan pemusatan latihan timnas U-19 Indonesia di Cikarang saat itu,” kata Mohammad Kanu sebagaimana dilansir BolaSport.com dari laman PSSI.

Setelah itu TC timnas U-19 Indonesia pun berubah dan berlanjut di Thailand, begitu pula hingga Kroasia.

Pemain yang mengidolakan Evan Dimas mengaku bahwa ia selalu bersyukur karena masuk daftar pilihan Shin Tae-yong.

“Setelah itu saya bersyukur selalu dipanggil pelatih Shin Tae-yong saat lanjutan TC timnas U-19 di Thailand, Jakarta, dan saat ini di Kroasia,” ucapnya.

Pemain yang memiliki tinggi badan 176 cm itu punya tekad kuat untuk bisa menembus tim utama asuhan SHin Tae-yong.

Apalagi dengan semangat yang selalu diberikan orang tuannya membuatnya semakin termotivasi.

Oleh karena itu, dengan kerja keras dan pantang menyerah Kanu berharap bisa menembus tim utama timnas U-19 Indonesia dan tampil memperkuat tim di Piala Asia ataupun Piala Dunia U-20.

“Saya bertekad dan mempunyai mimpi menembus tim utama timnas U-19 Indonesia nantinya. Saya ingin bermain di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 tahun depan,” ujar Kanu.

Selama di Kroasia, Kanu juga mengalami pasang surutnya seorang pemain, bagaimana tidak? ia bahkan sebelumnya harus menepi.

Mohammad Kanu harus menepi karena ia mengalami cedera ankle diawal-awal latihan bersama timnas U-19 Indonesia di Kroasia.

Bahkan mantan pemain Borneo FC U-18 itu harus absen beberapa pekan untuk proses penyembuhan dengan maksimal.

“Saat itu saya hanya fokus bagaimana caranya sembuh dan kembali bisa berlatih bersama tim lagi. Dan Alhamdulillah saya sudah bisa berlatih normal dan bermain tiga kali laga uji coba melawan Dinamo Zagreb, NK Dugopolje, dan Makedonia Utara,” tutur Kanu.

Bukan hanya itu, sebagai pemain Kanu saat ini hanya bisa mengatakan bahwa ia berusaha dan bekerja keras.

Bahkan di bawah komando Shin, ia bisa merasakan perubahan yang signifikan, dari kemajuan dalam fisik, stamina, taktik hingga kekuatan lainnya.

“Kami harus selalu semangat, kerja keras, disiplin dan fokus. Pelatih Shin Tae-yong sangat luar biasa dalam memberikan materi latihan. Dan beliau sangat disiplin,” katanya.

Kanu pun beharap agar nantinya ia bisa dipercaya oleh Shin Tae-yong untuk memperkuat timnas U-19 Indonesia kedepannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.