Agar Kompetisi Liga 1 dan 2 2020 Bisa Berjalan, PSKC: Lapor ke Presiden

Komisaris Utama tim sepak bola PSKC Cimahi, Eddy Moelyo, memberikan masukan kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk berkoordinasi dengan Kemenpora terkait kelanjutan kompetisi.

Menurut Eddy, PSSI dan PT LIB bersama Kemenpora seharusnya melaporkan langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengenai kesiapan digelarnya kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain itu, dilaporkan juga mengenai pertandingan Liga 1 dan Liga 2 2020 yang akan digelar tanpa penonton, untuk menghindari kerumunan dan mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Masukan tersebut, sudah disampaikan Eddy beberapa hari lalu di grup Whatsapp (WA) yang diisi pemilik klub Liga 2 dan juga ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan serta perwakilan PT LIB.

“Di grup CEO pemilik klub Liga 2 bersama Ketum, Direktur Utama LIB, saya mengatakan seharusnya langkah yang diambil itu PSSI dan LIB bersama-sama Kemenpora memberikan laporan dan mohon petujuk pada RI 1,” kata Eddy kepada INDOSPORT.

“Bahwa PSSI dan LIB siap melanjutkan kompetisi, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan tanpa penonton,” ucapnya menambahkan.

Selain itu, bergulirnya kompetisi menurut Eddy sangat penting, karena Indonesia akan menjadi tuan rumah pada Piala Dunia U-20 2021. Sehingga, jika kompetisi tidak dilanjutkan dikhawatirkan FIFA akan melakukan evaluasi status tuan rumah Indonesia.

“Kedua kompetisi ini harus dilanjutkan, karena untuk meredam dari FIFA supaya tidak mengevaluasi tentang status tuan rumah Piala Dunia 2021. Kalau kita gak gelar (kompetisi), khawatir dievaluasi dianggap Indonesia gak aman, bisa jadi Piala Dunia bisa dialihkan ke negara lain yang dianggap aman,” ungkapnya.

Eddy berharap, dengan memberikan laporan kepada Presiden, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 bisa berjalan seusai rencana. Karena, meski klub sepakat untuk melanjutkan kompetisi, namun hingga saat ini pihak kepolisan tidak memberikan izin keramaian selama masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan pandemi Covid-19.

“Jadi mohon petujuk ke Presiden, kan gitu laporkan saja, kan kita siap untuk menggelar,” jelasnya.

Sementara itu, PSKC tetap fokus mempersiapkan diri dengan berlatih, sehingga saat kompetisi Liga 2 2020 digelar pada November mendatang, kondisi pemain sudah dalam keadaan siap bertanding.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.