Piala Asia Futsal Tahun Ini Resmi Dibatalkan

Konfederasi sepakbola Asia (AFC), mengumumkan Piala Asia Futsal yang digelar 2 sampai 13 Desember mendatang, ditunda. Keputusan tersebut diambil karena terjadi peningkatan kasus virus corona di Kuwait, yang merupakan tuan rumah ajang tersebut.

Penundaan tersebut jadi yang ketiga kalinya dilakukan AFC untuk Piala Asia Futsal, akibat pandemi virus corona. Awalnya, ajang tersebut dilangsungkan di Ashgabat, Turkmenistan pada 26 sampai 8 Maret 2020.

Kemudian AFC, mengubah Piala Asia Futsal di negara yang sama pada 6 hingga 18 Agustus 2020. Akan tetapi, Turkmenistan mengundurkan diri sehingga dipindahkan ke Kuwait.

“AFC, setelah berdiskusi dengan Asosiasi Sepakbola Kuwait dan semua pihak terkait, telah memutuskan untuk menunda lebih lanjut turnamen dan sekarang akan diadakan pada tahun 2021,” demikian pernyataan AFC dikutip dalam resminya.

“Keputusan itu dikonfirmasi setelah mempertimbangkan dengan cermat keselamatan dan kesejahteraan semua tim yang berpartisipasi. Tanggal baru untuk ajang ini dan hal serta informasi terkait lainnya akan diinformasikan lebih lanjut,” lanjut pernyataan tersebut.

Kabar penundaan ini tak mengenakan bagi timnas futsal Indonesia. Sejak kemarin (14/10), pasukan Kensuke Takahashi, telah memulai pemusatan latihan (TC) di Surabaya untuk ambil bagian dalam ajang tersebut.

Sebanyak 19 pemain dipanggil untuk mengikuti TC tersebut. Agenda ini dilaksanakan secara tertutup dengan penerapan protokol kesehatan ketat untuk mengantisipasi ada yang terpapar virus corona.

Pada Piala Asia Futsal, timnas futsal Indonesia berada di Grup C bersama Uzbektistan, Bahrain, dan Tiongkok. Juara dan runner-up grup berhak melaju ke perempat final. Nantinya lima besar tim bakal melaju ke Piala Dunia Futsal 2021 di Lithuania.

Berikut 19 pemain yang dipanggil:

Muhammad Nizar Nayaruddin (Vamos Mataram)
Muhammad Iksan Rahadian (Cosmo FC)
Muhammad Al Bagir (Black Steel),
Sunny Rizky Suhendra (Bintang Timur Surabaya)
Mochammad Iqbal Rahmatullah (Bintang Timur Surabaya) Andri Kustiawan (Bintang Timur Surabaya)
Muhammad Subhan Faidasa (Bintang Timur Surabaya)
Marvin Alexa Wossiry (Vamos Mataram)
Bambang Bayu Saptaji (Halus FC)
Rio Pangestu Putra (SKN FC)
Ardiansyah Nur (Black Steel)
Syauqi Saud (Bintang Timur Surabaya)
Guntur Sulistyo Ariwibowo (SKN FC)
Ardiansyah Runtuboy (Bintang Timur Surabaya)
Holypaul Septinus N. Soumilena (Black Steel)
Samuel Eko Putra Tampubolon (SKN FC)
Muhammad Rizky Xavier (Cosmo FC)
Iqbal Aliefian (Vamos Mataram)
Firman Ardiansyah (IPC Pelindo II)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.