Kompetisi Masih Abu-Abu, Pemain Persib Bandung Tak Goyah

Gelandang Persib Bandung, Dedi Kusnandar, memastikan bahwa skuad Maung Bandung tetap bersemangat menanti kepastian kompetisi Liga 1 2020, yang bisa kembali digelar November, atau bahkan Januari tahun depan.

Berdasarkan hasil pertemuan antara PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan para klub, ditetapkan bahwa mereka setuju untuk kompetisi musim ini dilanjutkan meski belum mendapatkan izin dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Dari mulai pandemi virus corona hingga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) menjadi alasan Polri ogah memberikan izin keramaian setidaknya hingga Desember. Makanya, status sepakbola Indonesia saat ini masih abu-abu.

“Hingga saat ini kami masih bersiap untuk liga. Tetap berlatih dengan semangat seperti biasanya. Kejelasan kompetisi kami ikuti arahan pelatih dan manajemen, kami fokus di lapangan,” tegas Dedi, dikutip laman resmi Persib, 14 Oktober.

Semestinya kompetisi kembali diputar bulan ini, namun karena izin tersebut, makanya ditunda ke November. Kepastian kompetisi bulan depan bisa dilaksanakan pun belum ada, karena Polri bersikeras enggan mengeluarkan izin.

Kendati begitu, PSSI dan LIB memastikan bahwa mereka akan berusaha supaya liga bisa terlaksana secepat mungkin. “Mudah-mudahan rencana bergulir November sesuai jadwal. Semoga dalam waktu dekat ada kabar baik tentang kompetisi musim ini,” tukas Dedi.

Sementara itu, pelatih kiper Persib, Luizinho Passos, berusaha memberikan ketenangan kepada para anak asuhnya dalam menghadapi situasi saat ini. Eks pelatih kiper Borneo FC tersebut legawa dengan segala situasi tak menentu saat ini.

“Dalam kehidupan apa pun bisa saja terjadi, contohnya seperti saat sekarang ini. Tapi, saya selalu menegaskan kepada mereka jika hidup harus berlanjut dan selalu tanamkan motivasi pantang menyerah di dalam diri. Bagaimana pun tingkat kesulitannya,” ucap Luizinho.

“Ya, tidak mudah memang melalui semuanya. Tapi, dengan percaya kepada Tuhan dan usaha yang keras, pasti semua masalah akan terselesaikan,” tutup pelatih asal Brasil yang baru saja naik meja operasi karena hernia tersebut.

PSSI pun sudah siap jika memang kompetisi belum bisa dilaksanakan pada November. Berbagai opsi hingga format baru liga telah disiapkan, sebagai antisipasi jika sepakbola baru bisa eksis kembali di Indonesia tahun depan.