Gagal Menang, Shin Tae Yong Ungkap Kemajuan Timnas U-19

Timnas Indonesia U-19 gagal meraih kemenangan atas Makedonia, namun Shin Tae Yong menyoroti kemajuan pemain-pemain skuad Garuda Muda.

Terlepas dari penampilan yang belum maksimal, sang juru latih menegaskan ada aspek yang patut diapresiasi dari pemain-pemain Timnas Indonesia U-19.

“Untuk mental, fisik, stamina saya kira pemain sudah lebih baik. Kedepan kami harus perbaiki kekurangan yang ada,” kata pelatih yang didatangkan PSSI pada akhir 2019.

Mengenai performa selama 90 menit, mantan pemain timnas Korea Selatan itu menilai ada faktor lain yang menjadi penyebab penurunan kualitas permainan tim.

“Pemain sudah bekerja keras, namun belum menunjukkan performa terbaik. Hari ini lapangan kurang bagus, jadi pemain tidak bisa optimal,” ujar Shin Tae Yong.

Seperti dilansir dari situs resmi PSSI, Shin Tae Yong menyebut kelemahan anak asuhnya antara lain adalah kekuatan individu pemain, umpan, dan kemampuan mencari ruang kosong di pertahanan lawan.

Sementara Pratama Arhan yang menjadi kapten Timnas Indonesia U-19 melawan Makedonia merasa masih harus disempurnakan.

“Kita perlu perbaikan di semua lini, komunikasi antar lini juga kita perbaiki. Alhamdulillah saya tadi dipercaya pelatih menjadi kapten, tentu saya harus selalu bermain baik dan maksimal,” ucap pemain yang menempati posisi bek kanan.