Ketum PSSI Memohon Pemerintah dan Kepolisian Beri Izin Liga 1

Nasib lanjutan Liga 1 musim ini masih menggantung. Meski seluruh 18 klub sudah sepakat melanjutkan kompetisi pada 1 November mendatang, setelah menggelar rapat dengan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), di Yogyakarta, Selasa (13/10).

Semula, lanjutan Liga 1 musim ini dilangsungkan pada 1 Oktober 2020. Akan tetapi, PSSI terpaksa menundanya karena Kepolisian Republik Indonesia tidak mengeluarkan izin keramaian akibat masih tinggi kasus virus corona di Tanah Air.

Oleh karena itu, ketua umum PSSI Mochamad Iriawan, berharap Kepolisian Republik Indonesia bisa mengeluarkan izin keramaian untuk lanjutan Liga 1 musim ini. Bila izin tersebut tidak keluar, kompetisi tak dapat dilangsungkan.

“Saya memohon kepada pihak pemerintah dan kepolisian untuk bisa memberikan izin kepada kami satu bulan ke depan yaitu 1 November,” kata Iriawan.

Sosok yang karib disapa Iwan Bule tersebut menilai sudah terjadi penurunan kasus virus corona. Buktinya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, telah mengubah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Ketat, ke PSBB Masa Transisi, sejak kemarin (12/10).

“Pasti ini akan menjadi kajian dari pihak kepolisian, karena ekspektasi sepakbola luar biasa, dan memang efek dari penundaan ini besar sekali baik kepada pelatih, pemain, dan seluruh pemangku kepentingan yang berkaitan dengan sepakbola, ada sponsor dan semua,” ujarnya.

Tak lupa Iriawan, mengingatkan suporter tidak bandel datang ke stadion untuk memberikan dukungan kepada klub kesayangannya, ketika Liga 1 digelar. Hal tersebut karena seluruh pertandingan dilaksanakan tanpa penonton.

“Saya minta dengan hormat kepada suporter, khususnya yang punya basis fans yang besar, tolong diikuti anjuran dari kami selaku federasi sebagai yang dipercaya, untuk menonton di rumah saja, di televisi, karena ini disiarkan secara langsung,” ujarnya.

Dalam lanjutan Liga 1 musim ini, seluruh pertandingan dilaksanakan di Pulau Jawa dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Klub juga diperintahkan menggunakan bus ketika melakoni laga tandang.

Liga 1 sudah dihentikan sejak pertengahan Maret lalu, karena pandemi virus corona. Persib Bandung untuk sementara menduduki pucuk klasemen dengan raihan sembilan poin dari tiga pertandingan yang dimainkannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.