Elkan Baggott dan Jack Brown, Senjata Baru Timnas Indonesia U-19

Timnas Indonesia U-19 seolah mendapatkan amunisi baru pada rangkaian uji coba dalam pemusatan latihan di Kroasia. Kehadiran Elkan Baggott dan meledaknya Jack Brown membuat kekuatan tim berjulukan Garuda Muda ini kian komplet.

Elkan Baggott baru bergabung dengan Timnas Indonesia U-19 pada awal Oktober 2020. Bek berusia 17 tahun itu telat merapat karena tidak dilepas oleh timnya, Ipswich Town, di luar jeda internasional.

Sedari awal, Timnas Indonesia U-19 telah menantikan kedatangan Elkan Baggott. Pemain berpostur 196 cm ini dianggap menjanjikan oleh pelatih Shin Tae-yong. Tingginya menjulang dan memiliki pengalaman bermain di Inggris.

Baru juga datang, Shin Tae-yong langsung memainkan Elkan Baggott di laga kontra Makedonia Utara U-19, Minggu (11/10/2020). Dia bermain penuh dan menampilkan aksi impresif untuk mengawal lini belakang tim berjulukan Garuda Muda ini. Timnas Indonesia U-19 pun pesta gol 4-1.

Baru pertama kali bermain untuk Timnas Indonesia U-19 di partai uji coba, Baggott terlihat tidak grogi. Bek blasteran Inggris itu bahkan mampu tampil gahar bersama kompatriotnya, Rizky Ridho.

Dalam beberapa kesempatan, Baggott mampu membuat lini depan Makedonia Utara U-19 mati kutu. Aksinya ketika memblok tendangan keras dari pemain lawan menjadi momennya yang paling diingat pada pertandingan ini.

“Elkan Baggott bermain bagus sebagai bek tengah. Selain itu, ia juga sudah nyetel bekerja sama dengan pemain lainnya. Dia memiliki postur yang tinggi. Elkan Baggott juga kuat dan bagus dalam membaca permainan,” kata Shin Tae-yong.

Elkan Baggot kembali diproyeksikan untuk bermain ketika Timnas Indonesia U-19 menghadapi Makedonia Utara U-19 pada Rabu (13/10/2020). Kehadirannya membuat keamanan gawang Garuda Muda lebih terjamin.

Jack Brown Lagi Hoki atau Mulai Menunjukkan Taji?

Sesungguhnya, permainan Jack Brown ketika mengalahkan Makedonia Utara 4-1 tidak terlalu mentereng. Namun, meminjam pepatah “The right man in the right place”, gelandang bernomor punggung sepuluh itu layak disematkan sebagai pemain terbaik di pertandingan tersebut.

Jack Brown berhasil menjadi orang yang selalu bisa berada di posisi yang tepat untuk mencetak brace bagi Timnas Indonesia U-19. Sebelumnya, peman berusia 18 tahun itu bak pesakitan.

Jack Brown sempat bergumul dengan cedera pada pekan-pekan awal pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia. Sekalinya dimainkan ketika melawan Bosnia dan Herzegovina U-19 pada 25 September 2020, pemain Ipswich Town U-18 ini tampil buruk dan diganti saat jeda turun minum.

Gelandang keturunan Inggris ini sebenarnya tidak diproyeksikan bermain terlalu dini ketika melawan Makedonia Utara U-19. Namun, cedera yang menimpa Braif Fatari mengantarnya masuk ke lapangan.

Jack Brown, yang notabene merupakan seorang gelandang, ditempatkan oleh Shin Tae-yong sebagai penyerang lubang. Di posisi ini, peluangnya untuk mencetak gol lebih besar. Karena itu, dua kali ia mampu berdiri bebas di kotak penalti untuk menjebol gawang lawan.

Kans Jack Brown untuk dimainkan sebagai starter saat melawan Makedonia Utara U-19 cukup besar. Jika disimpan di bangku cadangan pun, ia dapat diplot sebagai supersub ketika Timnas Indonesia U-19 mulai buntu.