Klub Sepakat Liga 1 Lanjut, PT LIB Segera Susun Jadwal Baru

PT Liga Indonesia Baru (LIB) segera menyiapkan semua aspek menyangkut lanjutan Liga 1 musim ini. Langkah tersebut dilakukan setelah 18 klub menyepakati untuk bertanding kompetisi kasta teratas Tanah Air.

PSSI bersama PT LIB dan 18 perwakilan klub Liga 1 menggelar pertemuan di Yogyakarta, Selasa (13/10). Hasil dari agenda tersebut seluruh kontestan berkomitmen melanjutkan kompetisi musim ini pada 1 November mendatang.

“Kami siap menjalankan kembali kompetisi sesuai dengan keputusan PSSI. Tentunya kami akan persiapakan segala hal termasuk jadwal,” kat direktur utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita.

“Selain itu kami juga ingin menyiapkan beberapa hal yang menyangkut protokol kesehatan dan segala sesuatunya akan dipersiapkan secara matang,” Akhmad menambahkan.

Sosok berusia 55 tahun tersebut menjelaskan pihaknya dan PSSI bakal aktif berkomunikasi dengan Kepolisian Republik Indonesia. Hal itu agar lanjutan Liga 1 dapat dilangsungkan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

“Terkait dengan izin, sementara kami sedang melakukan komunikasi. Tetunya PSSI yang melakukan komunikasi, kami PT LIB hanya tinggal menunggu saja. Kalau dari pertemuan tadi, ketua umum PSSI [Mochamad Iriawan] ingin semaksimal mungkin bisa mendapatkan izin dari kepolisian,” ujarnya.

Semula lanjutan Liga 1 musim ini dilangsungkan pada 1 Oktober 2020. Akan tetapi, PSSI terpaksa menundanya karena Kepolisian Republik Indonesia tidak mengeluarkan izin keramaian.

Masih tinggi kasus virus corona di Indonesia yang membuat izin tersebut tak keluar. Mayoritas klub Liga 1, memilih untuk meliburkan skuadnya sejenak karena penundaan tersebut.

Pada lanjutan Liga 1 musim ini, seluruh pertandingan bakal dilangsungkan di Pulau Jawa, dengan tanpa kehadiran penonton. Protokol kesehatan ketat juga bakal diterapkan untuk mencegah ada yang terpapar virus corona.

PT LIB bakal menggelar swab test 14 hari sekali untuk seluruh klub sampai berakhirnya Liga 1. Operator kompetisi tersebut menanggung semua biaya untuk tes yang dilakukan itu.

Sebelum kompetisi dihentikan pada pertengahan Maret lalu karena pandemi virus corona melanda, Persib Bandung menjadi satu-satunya klub yang mampu menyampu bersih kemenangan. Maung Bandung mengoleksi sembilan poin dari tiga laga sehingga kini berada di pucuk klasemen.