Timnas Indonesia U-19 Bungkam Makedonia Utara: Jack Brown, Supersub di Posisi yang Tepat

Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih kemenangan 4-1 atas Makedonia Utara dalam laga uji coba yang digelar di Stadion NL Jinak Sinj, Split, Minggu (11/10/2020) malam WIB. Dalam pertandingan tersebut, Jack Brown yang masuk pada babak kedua menjadi bintang dengan dua gol yang membawa Tim Garuda Muda meraih kemenangan.

Jack Brown masuk lapangan menggantikan Braif Fatari pada babak pertama. Saat itu Timnas Indonesia U-19 sudah unggul lebih dulu lewat gol yang dicetak Witan Sulaeman pada menit ke-13, yang kemudian disamakan oleh Makedonia Utara lewat titik putih pada menit ke-48.

Keputusan Shin Tae-yong memasukkan Jack Brown sangat tepat. Pemain berdarah Indonesia dan Inggris itu berhasil sosok yang memberi angin segar bagi Tim Garuda Muda untuk kembali unggul dan meninggalkan jauh lawannya.

Jack Brown sukses mengemas dua gol dalam pertandingan ini yang membawa tim asuhan Shin Tae-yong unggul 3-1 hingga akhirnya menutup pertandingan dengan kemenangan 4-1 berkat tambahan gol yang dicetak Irfan Jauhari pada menit ke-83.

Dengan penampilan cemerlang dan dua gol yang dicetaknya, Jack Brown diyakini akan membuat kepala Shin Tae-yong makin pusing untuk menentukan komposisi lini depan terbaik miliknya di Timnas Indonesia U-19.

Selalu Berada di Posisi yang Tepat

Dua gol yang dicetak Jack Brown jelas penting untuk keberhasilan Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan atas Makedonia Utara. Walau proses gol yang dicetak Brown tidak disertai oleh akselerasi individu yang menarik, tapi positioning yang dilakukannya sangat tepat.

Gol pertama Jack Brown yang terjadi pada menit ke-58. Berawal dari umpan sepak pojok Witan Sulaeman yang kemudian menimbulkan kemelut di depan gawang membuat bola jatuh tepat di depan Jack.

Penyerang muda ini tidak membuang kesempatan untuk menceploskan bola ke dalam gawang lawan. Terciptanya gol tersebut tidak lepas dari penempatan posisi yang tepat sehingga Jack Brown bisa mendapatkan bola liar dan mengonversinya menjadi sebuah gol.

Penempatan posisi yang tepat itu menjadi kunci terciptanya gol kedua yang dicetaknya 11 menit berselang. Berawal dari akselerasi yang dilakukan Bagas Kaffa dari sisi kanan, Jack Brown mencari ruang bebas di tengah kotak penalti Makedonia Utara.

Umpan pendek yang diberikan Bagas mampu dimaksimalkannya menjadi gol lewat sontekan kaki kiri. Gol kedua Jack Brown pun membuat Timnas Indonesia U-19 mulai menjauhi lawannya dengan skor 3-1.