Peran Agen Menentukan Keputusan Naturalisasi Makan Konate

Gelandang Persebaya Surabaya Makan Konate tidak menutup kemungkinan untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Meski begitu, segala keputusan akan ia diskusikan lebih dulu dengan sang agen yang dianggapnya seperti keluarga sendiri.

Meski menjalani karir di Indonesia sejak tahun 2012, kans Konate menjadi WNI sebenarnya cukup tipis. Sebab, pada tahun 2016 lalu ia pernah singgah ke Liga Malaysia selama satu musim.

Artinya, Konate masih belum memenuhi syarat minimal 5 tahun berturut-turut berada di Indonesia. Pemain 28 tahun itu baru akan menjalani masa 5 tahun tersebut pada 2022 mendatang.

Karena itu, untuk saat ini Konate tampaknya tidak akan memaksakan diri untuk menjadi pemain naturalisasi. Namun, jika tawaran akhirnya datang, pemain asal Mali itu akan lebih dulu membicarakannya dengan sang agen.

“Saya pribadi, kalau ada tawaran, saya cerita sama agen dulu,” kata Konate.

“Agen saya seperti bapak saya, seperti orang tua saya. Ini bagus atau tidak saya tidak bisa jawab sendiri. Saya harus komunikasi sama agen dulu biar kami berdiskusi,” imbuh eks pemain yang mengawali karir di PSPS Pekanbaru itu.

“Kalau memang ada tawaran saya harus kasih tahu sama agen, bagaimana agen bisa kasih solusi yang bagus buat saya.”