Otavio Dutra Berharap Bisa Main Bareng Marc Klok Di Timnas Indonesia

Bek Persija Jakarta Otavio Dutra, mendukung penuh Marc Klok menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Menurutnya, dengan perpindahan kewarganegaraan rekan setimnya tersebut bisa bermanfaat untuk timnas Indonesia.

Proses naturalisasi Klok yang diajukan sejak tahun lalu, segera rampung. Hal itu setelah pesepakbola berusia 27 tahun tersebut mendapat lampu hijau dari tiga lembaga negara pada rapat virtual beberapa hari lalu.

Adapun ketiga lembaga itu yakni Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Dutra menilai kecintaan Klok terhadap Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Meski, ia baru tiga tahun berada di sini karena dikontrak PSM Makassar

Maka dari itu, Dutra mendukung penuh Klok untuk dinaturalisasi. Ia mendoakan segala urusan yang sedang dijalani kompatriotnya itu tidak menemui kendala.

“Saya mengenal Klok sebagai orang yang sangat cinta kepada Indonesia. Saya berharap semua proses dapat berjalan lancar dan bisa bersama membela timnas Indonesia,” kata Dutra dikutip laman Persija.

Selain itu, Dutra merasa senang bisa berkolaborasi dengan Klok di Persija. Ia merasa pria asal Belanda tersebut memiliki kemampuan dan sikap yang baik di luar maupun dalam lapangan.

“Klok juga orang yang sangat profesional. Saya sangat senang dapat satu tim dengan dia,” ujar eks Bhayangkara FC tersebut.

Sekarang Klok, menunggu pimpinan DPR RI mengirimkan surat kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, terkait hasil rapat, pada 5 Oktober 2020. Setelah itu, ia tinggal menanti Keputusan Presiden untuk pengambilan sumpah sebagai WNI.

Pada pertengahan tahun lalu, Klok sudah sempat dipanggil dalam pemusatan latihan timnas Indonesia saat masih dipegang Simon McMenemy, untuk laga uji coba. Namun, kehadirannya hanya sekadar berlatih saja.

Eks Dundee itu tidak bisa bermain dalam uji coba timnas Indonesia lantaran proses naturalisasinya belum selesai. Meski begitu, Klok tetap antusias dalam mengikuti latihan yang diberikan.

Saat ini Dutra menjadi satu-satunya pemain naturalisasi yang dimiliki Persija. Sebelum memegang paspor Indonesia, pria berumur 36 tahun tersebut merupakan warga negara Brasil.