Cerita Penuh Makna dari Puluhan Tato di Tubuh Brwa Nouri

Tato sudah menjadi bagian dari gaya hidup buat beberapa orang, tak terkecuali bagi pesepak bola. Selain sebagai seni, tato membuat pemain akan terlihat semakin garang ketika bermain di atas lapangan.

Tengok saja di level sepak bola dunia khususnya Eropa, begitu banyak pemain terlihat sangar dengan tato di tangan hingga sekujur tubuhnya. Djibril Cisse, Nigel De Jong, Daniel Agger, Radja Nainggolan, atau Memphis Depay terbilang banyak memiliki tato di tubuhnya.

Hingga pemain yang lebih tenar semacam David Beckham, Zlatan Ibrahimovic, Sergio Ramos, sampai pemain terbaik dunia Lionel Messi pun tak mau ketinggalan untuk bertato. Di Indonesia, ada sosok bintang klub Bali United yang tak kalah punya tato yang keren.

Adalah gelandang asal Iran, Brwa Nouri, yang memiliki puluhan tato menempel di sekujur tubuh. Belum lama ini Brwa Nouri bercerita tentang tato yang ia buat dan memiliki makna tersendiri di setiap gambarnya.

Eks pemain Timnas Irak tersebut mengaku memiliki banyak tato sejak masih muda. Bahkan saking banyaknya, ia mengaku lupa berapa jumlah tato yang ia buat. Sebelum bergabung dengan Bali United, Nouri mengaku sudah punya 10 tato.

“Sebelum datang ke Bali, tato saya berjumlah 10, sekarang setidaknya ada 25 tato mungkin,” ungkap Brwa Nouri dalam percakapan di kanal YouTube Bali United.

“Di Bali banyak orang jago membuat tato. Saya tertarik pada seni termasuk tato. Orang Swedia membayar mahal untuk tato, sedangkan di sini (Bali) bisa setengah harga. Di Swedia memang bagus tatonya, tetapi di sini Indonesia lebih bagus,” terang pemain berusia 33 tahun itu

Gambaran Perjalanan Hidup

Brwa Nouri punya alasan tersendiri mengapa banyak tato yang dibuatnya, bahkan dengan jumlah mencapai 25 gambar. Ia merasa cukup kecanduan dengan seni merajah tubuh tersebut.

Pasalnya, setiap kali dirinya membuat satu tato, pasti ingin membuat lagi di bagian lain. Bahkan, sang istri sempat memintanya agar berhenti membuat tato. Di tubuhnya, masih ada beberapa bagian yang kosong, seperti tangan kanan.

Gambar tato di tubuh Nouri cukup unik dan menyimpan banyak arti. Seperti tato bergambar ibu dan saudaranya, sebuah jangkar kapal, gambar Buddha, musisi reggae beken Bob Marley hingga kata-kata mutiara dari seorang legenda sepak bola dunia, Johan Cruyff.

Pada usia 16 tahun, Brwa Nouri sudah membuat tato untuk pertama kali dengan gambar ibunya pada bagian perut. Kemudian ketika di Thailand, ia membuat lagi dengan gambar saudaranya.

“Lima tato pertama saya adalah tentang keluarga karena mereka begitu saya cintai. Saya tidak menyesal, bagi saya tato menggambarkan perjalanan hidup saya sampai saat ini. Saya bisa melewatinya bangga pada diri sendiri, selain itu tato memang sebuah seni keindahan,” ucap Nouri.