Marc Klok Impikan Bela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Menjuarai Piala AFF 2020

Marc Klok sudah tidak sabar menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI). Kakinya telah gatal untuk merumput bersama Timnas Indonesia.

Target terdekat Marc Klok jika proses naturalisasinya tuntas adalah memperkuat Timnas Indonesia di dua turnamen. Mantan pemain PSM Makassar itu ingin bermain di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Jadwal dari lanjutan turnamen tersebut masih belum pasti. Namun rencananya, akan kembali digulirkan pada awal 2021.

Marc Klok juga telah ngebet membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Pada kejuaraan yang akan berlangsung pada April-Mei 2021 ini, gelandang kelahiran Amsterdam, Belanda tersebut langsung memasang target juara.

“Saya ingin bermain di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia bersama Timnas Indonesia,” tutur Marc Klok kepada Bola.com, Senin (5/10/2020).

“Saya juga ingin membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 dan memenangkan turnamen tersebut,” imbuh pemain yang memiliki keturunan Indonesia dari kakek buyutnya tersebut.

Sedikit Lagi Jadi WNI

Proses naturalisasi Marc Klok memasuki babak akhir. Gelandang Persija Jakarta itu tinggal menghadap ke Komisi X DPR sebelum direkomendasikan ke Sidang Paripurna DPR dan disetujui oleh Presiden Jokowi melalui Keputusan Presiden (Keppres).

Setelah itu, Marc Klok akan mengikuti pengambilan sumpah atau menyatakan janji sebagai WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham yang ditunjuk dan mendapatkan paspor Indonesia.

“Soal proses naturalisasi saya? Hanya beberapa formalitas saja yang perlu diselesaikan,” kata pemain yang pernah berkarier di Liga Skotlandia tersebut.

“Saya akan mengambil sumpah dan menyatakan janji sebagai WNI. Presiden juga harus menandatangani dokumen saya. Semuanya akan selesai. Saya siap mempersembahkan trofi untuk Timnas Indonesia,” imbuh Marc Klok.