Marc Klok Berharap Menginspirasi Pemain Muda Indonesia

Proses naturalisasi yang dilakukan Marc Klok, segera rampung. Tak lama lagi gelandang Persija Jakarta tersebut bisa mewujudkan impiannya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Kepastian tersebut setelah Klok yang didampingi PSSI, mendapat lampu hijau dari tiga lembaga negara pada rapat virtual dua hari lalu. Adapun ketiga lembaga itu yakni Komisi III DPR dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Klok mengaku sangat senang sebentar lagi berpindah kewarganegaraan. Padahal, pesepakbola berusia 27 tahun tersebut baru tiga tahun berada di Indonesia, semenjak dikontrak PSM Makassar.

Namun, Klok merasa jatuh cinta dengan Indonesia karena kekayaan alam, budaya, serta masyarakat Tanah Air. Oleh karena itu, ia rela melepaskan paspor Belanda yang sekarang dipegangnya.

Bila sudah memegang paspor Indonesia, kesempatan Klok membela skuad Garuda terbuka. Ia pun bertekad memberikan seluruh kemampuan terbaiknya untuk meraih prestasi.

“Saya berharap dapat memberikan kesuksesan dan membawa pengaruh positif untuk sepakbola Indonesia. Memberikan banyak piala dan menjadi inspirasi para pemain pemuda Indonesia,” ujar Klok dikutip laman resmi klub.

Sebetulnya, Klok sudah mengajukan jadi WNI sejak tahun lalu. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu proses naturalisasi tersebut tidak ada kelanjutannya hingga awal tahun ini.

Sekarang Klok, menunggu pimpinan DPR RI mengirimkan surat kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, terakit hasil rapat, pada 5 Oktober 2020. Setelah itu, ia tinggal menunggu Keputusan Presiden untuk pengambilan sumpah sebagai WNI.

Dengan demikian, maka akan ada dua pemain Persija musim ini yang berstatus naturalisasi. Sebelumnya sudah ada Otavio Dutra yang melepas status kewarganegaraan Brasil tahun lalu.

Pada pertengahan tahun lalu, Klok sudah sempat dipanggil dalam pemusatan latihan timnas Indonesia saat masih dipegang Simon McMenemy, untuk laga uji coba. Namun, kehadirannya hanya sekadar berlatih saja.

Eks Dundee itu tidak bisa bermain dalam uji coba timnas Indonesia lantaran proses naturalisasinya belum selesai. Meski begitu, Klok tetap antusias dalam mengikuti latihan yang diberikan.