Setelah Angkut Marc Klok, PSSI Tetapkan Kriteria Tinggi untuk Pemain yang Akan Dinaturalisasi demi Timnas Indonesia

PSSI baru saja membantu proses naturalisasi Marc Klok demi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Gelandang Persija Jakarta itu diproyeksikan untuk membela Timnas Indonesia.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan tidak asal-asalan dalam menjembatani naturalisasi pemain. Pihaknya saat ini lebih selektif dalam mengakomodir keinginan legiun asing lantaran harus menjadi kepentingan Timnas Indonesia.

“Kami tidak sembarangan mengajukan proses naturalisasi. Pemain yang benar-benar memiliki skill, teknik serta sikap yang mumpuni akan diajukan proses naturalisasinya oleh PSSI,” kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, dinukil dari laman PSSI.

Marc Klok tinggal selangkah lagi menyandang status WNI setelah mendapatkan lampu hijau dari pemerintah melalui Komisi III DPR RI dan Kementeria Hukum dan Ham (Kemenkumham). Pemain kelahiran Amsterdam, Belanda itu tinggal melewati beberapa tahapan lagi seperti pengucapan sumpah atau menyatakan janji setia.

“PSSI ikut senang Marc Klok selangkah lagi menjadi WNI. Tentu hal ini positif bagi PSSI karena Marc Klok bisa saja dipanggil oleh Timnas Indonesia,” tutur Iriawan.

“Marc Klok merupakan pemain hebat. Dia sudah menunjukan talentanya saat bermain di Eropa, lalu di PSM Makassar dan saat ini di Persija,” imbuh pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

Sudah Tidak Sabar Membela Timnas Indonesia

Marc Klok sudah tidak sabar membela Timnas Indonesia jika telah resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Selama ini, niatan tersebut harus dipendamnya karena proses naturalisasinya memakan waktu cukup lama dan sempat terhambat pandemi COVID-19.

“Selama ini, saya menikmati bisa bermain di Liga Indonesia dan tertarik juga dengan kultur Indonesia yang dikenal dengan keramahannya,” kata Marc Klok.

“Saya berjarap bisa memperkuat Timnas Indonesia dan meraih prestasi juga bersama timnas,” imbuh mantan pemain PSM Makassar ini.