PSS Sleman Berharap Liga 1 Jalan Terus

Seluruh klub peserta Shopee Liga 1 2020 sedang harap-harap cemas menantikan kejelasan kompetisi. Lanjutan pekan keempat yang seharusnya digelar pekan lalu, harus diundur.

Pemerintah melalui Polri tidak dapat memberikan izin pertandingan sepak bola, karena pandemi COVID-19 yang masih belum reda di Tanah Air. Oleh karena itu, PSSI dan PT LIB memutuskan untuk mengundur kompetisi hingga November mendatang.

Banyak klub yang mengkhawatirkan Shopee Liga 1 dan Liga 2 bisa saja batal digelar, jika terus mengalami penundaan. Lantaran adanya agenda nasional termasuk Pilkada dan hari besar lain, hingga persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Mei 2021.

PSS Sleman memberikan dukungan agar kompetisi musim 2020 tetap bisa dijalankan sampai selesai. Manajemen tim Elang Jawa optimistis baik pemerintah, PSSI, dan PT LIB bisa sinergi untuk kesuksesan pelaksanaan kompetisi dengan protokol kesehatan yang tepat.

“Harapan kami adalah Liga 1 tetap berjalan, tentunya dengan protokol kesehatan ketat. Melihat liga-liga Eropa berjalan dengan baik bisa dijadikan bahan pertimbangan,” ungkap asisten manajer PSS Sleman, Muhammad Eksan, Selasa (6/10/2020).

“Misalnya kalau ada kasus positif COVID-19, ya harus diisolasi. Terpenting Liga tetap dijalankan dan program FIFA untuk PSSI juga ikut berjalan, Timnas Indonesia juga ikut berjalan karena pemain sudah siap pakai dengan adanya kompetisi,” bebernya.

Perubahan Program Latihan

PSS menjadi satu diantara tim yang tetap menggelar latihan, meski kejelasan kompetisi masih tanda tanya. Banyak klub yang memilih meliburkan sementara skuadnya, sambil menanti kepastian apakah lanjutan Shopee Liga 1 benar-benar dapat digelar atau tidak.

Eksan yang merupakan mantan pemain PSS pada era awal dekade 2000an tak memungkiri bahwa ditundanya kompetisi berdampak pada persiapan tim. Setidaknya PSS harus berusaha menjaga kondisi ideal yang didapat dalam latihan satu bulan terakhir.

“Program latihan pun berubah lagi, masih menunggu kapan kompetisi bergulir lagi. PSS Sleman sendiri dengan persiapan sudah sejauh ini, ya kompetisi Liga 1 tetap jalankan dulu,” jelas Eksan.