Akhirnya Marc Klok Disetujui Jadi WNI

Gelandang Persija Jakarta asal Belanda, Marc Klok, sudah mendapat restu untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Dirinya mengajukan proses naturalisasi sejak 2019, dan sedikit lagi sah menjadi WNI.

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, didampingi Plt. sekjen Yunus Nusi dan Klok berada di kantor PSSI, untuk menjalani rapat virtual kerja pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia bersama Komisi III DPR, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkunham), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Dan ketiga lembaga negara tersebut telah setuju Klok menjadi WNI.

Proses Klok menjadi WNI memang panjang, dan tentu masih ada sedikit tahapan yang harus dijalani eks PSM Makassar tersebut untuk bisa memegang paspor Indonesia, seperti disumpah hingga menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang menjadi simbol seseorang resmi beralih status menjadi WNI.

Klok senang keinginannya menjadi WNI semakin dekat menuju kata sah. Ia mengaku sudah telanjut cinta pada Indonesia, dan jelas pemain kelahiran 1993 ini punya tekad untuk bisa membela timnas Indonesia.

“Terima kasih kepada ketua umum PSSI dan pihak-pihak yang telah membantu saya dalam proses naturalisasi ini. Saya merasa senang, semua proses yang sudah dilakukan bisa berjalan dengan lancar,” ujar Klok.

“Selama ini, saya menikmati bisa bermain di Liga Indonesia serta tertarik juga dengan kultur budaya Indonesia yang dikenal dengan keramahannya. Saya berharap memperkuat dan meraih prestasi bersama timnas Indonesia nantinya,” tambah pemain yang pernah membela Dundee FC ini.

Iriawan turut senang Klok segera akan memperoleh status WNI. Sosok yang karib disapa Iwan Bule itu menilai Klok sudah ‘sah’ menjadi WNI dan diharapkan bisa memberi kekuatan lebih untuk timnas Indonesia.

“PSSI ikut senang Klok sudah sah menjadi warga negara Indonesia. Tentu ini hal yang positif bagi PSSI karena Klok bisa saja dipanggil memperkuat timnas Indonesia,” ucap Iriawan.

“Klok merupakan pemain hebat, dia sudah menunjukkan talentanya saat bermain di beberapa liga di Eropa, lalu PSM Makassar dan saat ini bermain di Persija Jakarta,” kata Iriawan.

“Kami tidak sembarangan mengajukan proses naturalisasi. Pemain yang benar-benar memiliki skill, teknik serta attitude yang mumpuni dan bisa menambah kekuatan timnas Indonesia yang akan diajukan proses naturalisasi oleh PSSI,” tutup Iriawan.