Persebaya Minta Keseriusan PSSI soal Protokol Kesehatan Jika Liga 1 Digelar

Persebaya berharap PSSI dan PT LIB menaruh perhatian serius pada protokol kesehatan jika Shopee Liga 1 2020 kembali dilanjutkan. Aspek itu penting karena kesehatan dan keselamatan menjadi yang utama saat kompetisi digelar.

“Tentunya jika kompetisi ini berlanjut ya harus benar-benar aman. Dalam artian protokol kesehatan tingkat tinggi harus dilaksanakan, karena bagaimanapun ini berurusan dengan jiwa,” ungkap Aji Santoso, pelatih Persebaya.

“Dari awal juga sudah saya sampaikan, jika memang ada positif seperti yang terjadi di Persebaya ini penanganannya dan tanggapannya dari federasi maupun LIB,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan, telah mengumumkan Liga 1 2020 ditunda sebulan dari sedianya dimulai pada 1 Oktober. Alasannya, Polri tidak memberi izin lantaran angka kasus COVID-19 di Indonesia masih cukup tinggi.

Penundaan ini otomatis berpengaruh terhadap klub-klub kontestan yang sudah melakukan persiapan dalam sebulan terakhir. Mulai dari pemain, ofisial tim, hingga panpel, telah sampai pada tahap persiapan akhir sebelum pengumuman penundaan dilakukan Selasa lalu (29/9/2020).

Imbas yang paling terasa terdapat pada pemain yang kini dalam semangat bertanding menurun, karena harus menunda keinginan tampil di kompetisi.

“Dampak untuk Persebaya tentunya ada, karena kita sudah fokus untuk bertanding tanggal empat dan persiapan sudah tahap final,” ucap Aji.