Liga 1 2020 Ditunda, Jacksen F Tiago Menilai Turnamen Lebih Efektif

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, menyikapi penundaan Liga 1 2020 dengan pikiran terbuka.

Penundaan Liga 1 2020 dua hari jelang kick-off pada 1 Oktober mendatang menjadi kabar mengejutkan bagi tim-tim peserta.

Pihak keamanan dalam hal ini Polri, tak bisa memberikan izin keramaian di tengah pandemi Covid-19, walhasil Liga 1 dan Liga 2 2020 pun tak mendapat restu untuk digelar.

Untuk Persipura Jayapura, penundaan Liga 1 2020 sejatinya sudah bisa diprediksi mengingat situasi Covid-19 yang belum terkendali.

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, menilai penundaan ini baik untuk mengutamakan keselamatan seluruh pihak yang terlibat dalam kompetisi Liga 1 2020.

“Saya rasa dari awal kita harus memahami bahwa pemerintah adalah pihak yang paling tepat untuk menilai baik dan buruknya situasi. Sehingga kita harus menghormati,” kata Jacksen F Tiago.

“Kalau sebuah keputusan demi keselamatan kita semua, demi keselamatan bangsa juga, saya rasa kita harus patuh dan menghormati,” Jacksen melanjutkan.

Jacksen mengajak semua pihak berpikir positif karena penundaan ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan banyak hal baik, salah satunya berkumpul dengan keluarga.

Persiapan Persipura yang sudah dimulai sejak Agustus lalu dinilai Jacksen tak sia-sia walau Liga 1 2020 harus ditunda hingga November mendatang.

Jacksen pun mengatakan bahwa ia dan tim pelatih akan mengubah program latihan untuk Boaz Solossa dan kawan-kawan.

Mantan pelatih Barito Putera itu pun mengusulkan perubahan format seandainya Liga 1 2020 nantinya tak bisa digelar.

Jacksen F Tiago, pelatih Persipura.

“Saya dari awal sudah menyampaikan mungkin akan lebih tepat kalau kita menggelar turnamen di suatu wilayah seperti Inter Island,” kata Jacksen F Tiago.

“Mungkin akan lebih singkat, lebih efektif, dan bisa menyesuaikan dengan kondisi yang kita hadapi saat ini,” tutur pelatih asal Brasil itu.

Jacksen menilai turnamen resmi yang berbobot akan lebih tepat digelar untuk mengisi agenda pada tahun ini.

Namun jikalau PSSI dan PT LIB memutuskan tetap akan menggelar Liga 1, Jacksen memastikan Persipura tak keberatan.