Bikin Variasi Latihan, Shin Tae-yong Punya Tujuan Khusus untuk Timnas u-19 Indonesia

Pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong, ingin meningkatkan kekuatan para pemain Garuda Nusantara dengan menggelar variasi latihan.

Timnas U-19 Indonesia masih melanjutkan pemusatan latihan di Kroasia.

Pekan ini, pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong, punya tujuan khusus untuk melakukan penguatan otot dan power dari anak asuhnya.

Untuk itu, juru taktik asal Korea Selatan itu memperbanyak menu latihan angkat beban di gym untuk David Maulana Cs.

“Pekan ini kami fokus pemain untuk latihan beban,” kata Shin Tae-yong seperti dikutip Bolasport.com dari laman resmi PSSI.

“Pemain harus semakian kuat otot dan power mereka. Selain itu, fisik dan stamina juga harus selalu dijaga konsistensinya,” kata Shin Tae-yong.

Sebelumnya, pada latihan Selasa (29/9/2020), Shin Tae-yong juga memberi variasi latihan kepada para pemain timnas U-19 Indonesia.

Alih-alih berlatih sepak bola, Braif Fatari dkk diajak untuk bermain voli kaki usai melakoni laga uji coba kontra Dinamo Zagreb.

Latihan itu digelar di area lapangan di hotel tempat menginap personel Garuda Nusantara.

Tak hanya pemain, tim pelatih dan ofisial tim pun turut serta dalam permainan voli kaki tersebut.

“Setelah menjalani pertandingan melawan Dinamo Zagreb kami menjalani recovery training,” tutur Shin Tae-yong, Selasa (29/9/2020).

“Kali ini kami memainkan permainan voli kaki. Ini menjadi salah satu materi latihan recovery kami,” kata Shin Tae-yong menambahkan.

Shin Tae-yong bersama penerjemahnya, Jeje yang memberikan instruksi kepada pemain timnas U-19 Indonesia pasca-laga kontra Bulgaria, Sabtu (5/9/2020).

YOUTUBE.COM/PSSITV

Shin Tae-yong bersama penerjemahnya, Jeje yang memberikan instruksi kepada pemain timnas U-19 Indonesia pasca-laga kontra Bulgaria, Sabtu (5/9/2020).

Seluruh anggota timnas U-19 Indonesia tampak menikmati latihan ringan tersebut.

Dalam pertandingan voli kaki itu, tim yang beranggotakan Jack Brwon, Rizky Ridho, Andi Irfan, dan Yofandani Pranata keluar sebagai pemenang.

Di sisi lain, timnas U-19 Indonesia masih mempertimbangkan keputusan untuk melanjutkan pemusatan latihan di Turki.

Seperti diketahui, skuad Garuda Nusantara berencana untuk bertolak ke Turki setelah menyelesaikan pemusatan latihan di Kroasia.

Namun, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa rencana ke Turki masih dalam proses pembicaraan di antara kedua federasi.

Jika rencana ke Turki gagal terlaksana, Iriawan menyebut kalau timnas U-19 Indonesia akan bertahan di Kroasia dengan tetap berlatih dan menjalani uji coba.

“Sesuai dengan arahan Pak Menteri yang menginstruksikan untuk tetap melakukan TC (training camp) di luar negeri,” kata Mochamad Iriawan kepada awak media yang juga dihadiri oleh BolaSport.com, Selasa (29/9/2020).

“Kalau masih bisa, kami akan bergeser ke Turki, saat ini sedang dalam komunikasi dengan federasi mereka,” ujar Iriawan.

“Jika tidak jadi ke Turki, mungkin akan dilanjutkan di Kroasia dengan adanya friendly match atau lawan-lawan uji tanding yang bagus di sana,” tandasnya.