Timnas U-19 Dinilai Shin Tae-yong Masih Kurang di Segala Aspek

Dua kemenangan (vs Qatar, Dinamo Zagreb), dua hasil imbang (vs Arab Saudi, Qatar), dan tiga kekalahan menjadi rapor (Bulgaria, Kroasia, Bosnia Herzegovina) menjadi rapor uji coba timnas U-19 selama menggelar pemusatan latihan di Kroasia.

Sepanjang rangkaian uji coba itu, pelatih Shin Tae-yong sempat mengutarakan kelemahan dan kekurangan kinerja pemainnya.

Satu aspek yang sangat menjadi perhatian Shin adalah fisik para pemain. Sempat menganggap pemainnya kurang dari sisi stamina, kini pelatih asal Korea Selatan itu mulai memuji performa Rizky Ridho dkk.

Selain itu, Shin melihat para pemainnya masih kurang dari sisi power atau kekuatan. Menurutnya, kondisi tersebut membuat timnas U-19 kerap kesulitan jika harus menghadapi pemain yang memiliki postur lebih tinggi dan besar.

Meski begitu menjelang laga terakhirnya ia mengatakan bahwa ada perbaikan dalam kondisi tersebut. David Maulana dan kolega sudah bisa mengatasi bagaimana meladeni pemain-pemain yang lebih besar.

Usai melakoni tujuh pertandingan itu, Shin pun telah memiliki penilaian untuk kinerja anak didiknya. Ia menggap timnas U-19 masih kurang baik di segala aspek.

“Secara keseluruhan kami masih kurang. Meski begitu cara bermain pemain semakin membaik,” katanya seperti dilansir dari laman resmi PSSI.