Riko Simanjuntak Pernah Menjadi Pemain Bertahan

Riko Simanjuntak dikenal sebagai gelandang serang yang punya kelincahan di sektor sayap Persija Jakarta. Namun, tak banyak yang tahu ternyata pemain asal Pematangsiantar itu pernah bermain di sektor pertahanan.

Riko Simanjuntak mengawali karier juniornya di SSB Harapan Jaya dan Bintang Muda. Ketika itu, Riko diplot sebagai gelandang bertahan.

Kecepatan berlari yang dimilikinya dimanfaatkan Riko untuk mengadang serangan lawan. Meski begitu, sesekali Riko juga mau membantu serangan dengan kelincahan yang dimilikinya.

“Waktu saya di Siantar, saya di SSB Harapan Jaya dan Bintang Muda bermain di posisi gelandang bertahan. Kecepatan yang saya miliki bermanfaat untuk menahan laju serangan lawan,” kata Riko Simanjuntak seperti dikutip situs resmi klub, Minggu (27/9/2020).

Fakta menarik ini bisa menjadi pertimbangan pelatih Sudirman. Riko bisa menjadi gelandang bertahan jika situasi mendesak saat pertandingan.

Seiring berjalannya waktu, Riko Simanjuntak ternyata lebih moncer dimainkan sebagai gelandang sayap. Saat ini, kecepatan yang dimilikinya dipadukan dengan umpan silang matang menjadi keuntungan buat Persija Jakarta.

Kemampuan yang dimiliki Riko Simanjuntak berhasil menjadikan Persija Jakarta disegani lawan. Riko kerap menjadi pelayan Marko Simic dengan memberikan umpan-umpan matang.

Duet kedua pemain tersebut bisa dikatakan sebagai yang paling sukses di Liga 1. Sejauh ini, Riko sudah memberikan sembilan assist yang dimaksimalkan menjadi gol oleh Simic.

Terakhir, Riko memberikan assist kepada Simic pada laga pembuka Shopee Liga 1 2020. Ketika itu, umpan Riko dimaksimalkan Simic untuk menjebol gawang Borneo FC (1/3/2020).