Pelatih Persib Bandung Menjaga Mental Para Pemainnya

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts kini berusaha keras menjaga mental pemainnya setelah PSSI dan operator kompetisi profesional PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan menunda lanjutan Liga 1 2020 selama satu bulan.

Skuad Persib dalam kondisi siap tempur untuk melakoni laga perdana melawan PSM Makassar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (4/10). Pemain sudah tidak sabar lagi bertanding setelah selama tujuh bulan tidak merasakan atmosfer tersebut.

Hanya saja, Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan telah mengumumkan penundaan lanjutan Liga 1 yang direncanakan dimulai pada 1 Oktober akibat terbentur izin keramaian dari kepolisian, mengingat masih tingginya angka kasus pandemi virus Corona di Indonesia.
Pengumuman penundaan dua hari menjelang kick-off lanjutan Liga 1 diakui Robert Alberts memberikan pengaruh terhadap mentalitas pemain. Robert Alberts kini berusaha menjaga mental pemain agar mereka tetap dalam kondisi siap bila Liga 1 digulirkan pada November.

“Saya dihubungi liga tidak bisa dilanjutkan, karena adanya beberapa kasus Covid-19 baru. Saya harus mencari metode baru lagi untuk tetap menjaga pemain tetap waspada, begitu pula bagi ofisial,” ungkap Robert Alberts.

“Untuk saat ini, kami harus duduk bersama untuk membuat rencana baru. Mentalitas kami tidak boleh merosot, dan kami harus menyegarkan pemain maupun ofisial. Kami harus mencari target baru lagi. Pertanyaannya, berapa lama waktu untuk bergulir lagi?”

Kendati demikian, Robert Alberts mengaku dapat menerima keputusan penundaan tersebut. Menurutnya, ia tidak ingin memaksakan pemain tampil maksimal di tengah kekhawatiran penularan virus Corona yang tidak memperlihatkan kecenderungan melandai.

“Kami harus menerima, karena kesehatan, keselamatan lebih penting ketimbang memulai liga terlalu cepat jika situasinya belum terkendali,” kata juru taktik asal Belanda tersebut.

“Saya tidak bisa memaksakan pemain untuk masuk ke lingkungan yang berisiko tinggi terpapar COVID-19, karena akhirnya berdampak lagi ke keluarga. Tidak ada nyawa yang sebanding dengan permainan sepakbola.”

Persib mengawali Liga 1 2020 dengan hasil sempurna setelah memetik kemenangan di tiga pertandingan pertama sebelum kompetisi dihentikan akibat merebaknya virus Corona. Selama lebih dari satu bulan pemain menjalani latihan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.