Kapten Persib Bandung, Supardi Nasir Serukan Target Juara Liga 1

Kapten Persib Bandung, Supardi Nasir, menatap optimistis kiprah klub berjulukan Maung Bandung itu dalam lanjutan Liga 1 2020.

Supardi menegaskan, persiapan Persib untuk mengarungi lanjutan kompetisi musim ini sudah maksimal.

Kompetisi strata tertinggi sepak bola Indonesia itu akan kembali bergulir pada 1 Oktober mendatang, setelah sempat ditangguhkan penyelenggaraannya sejak Maret 2020 lantaran wabah virus corona.

Persib sudah memulai persiapan menghadapi restart Liga 1 2020 sejak awal Agustus lalu.

Selama hampir dua bulan melakoni persiapan, Supardi mengatakan, para pemain lainnya terus menunjukkan peningkatan signifikan.

Selain itu, motivasi para pemain untuk kembali merumput pun sangat tinggi. Supardi berharap, hal tersebut bisa terus dijaga oleh semua pemain agar asa untuk meraih gelar juara kompetisi pada musim ini tercapai.

Pada kompetisi musim ini, Persib masuk dalam daftar kandidat penantang gelar paling potensial. Terlebih, Maung Bandung mampu menunjukkan performa impresif pada awal musim.

Persib berhasil melewati hadangan Persela Lamongan, Arema FC, dan PS Sleman dengan sapu bersih kemenangan.

Persib pun menjadi pemimpin dalam daftar klasemen sementara Liga 1 2020 dengan poin sembilan.

“Ya, lima hari menjelang kick-off kelanjutan liga kita, sejauh ini persiapan sudah sangat baik, sudah sangat maksimal, mudah-mudahan ini kontinyu terus,” kata Supardi dalam telekonferensi via Zoom, Senin (28/09/2020).

“Saya berharap ke semua pemain harus sadar untuk memberikan yang terbaik di tim ini, kita satu jalan, satu visi dan misi, satu tujuan. Kita menginginkan tahun ini meraih trofi juara,” tegas dia.

Meski begitu, akan ada banyak rintangan yang siap menghadang Persib dalam upaya merealisasikan target juara.

Mengingat Liga 1 2020 berlangsung dalam situasi luar biasa terkait pandemi virus corona, akan ada sejumlah penyesuaian yang diterapkan dalam kompetisi, berkenaan dengan protokol kesehatan.

Salah satunya, seluruh pertandingan digelar tertutup, tanpa penonton.

Situasi tersebut tentu bisa berpengaruh pada motivasi bertanding pemain karena mereka harus bertanding dalam atmosfer pertandingan yang sepi.

Peran suporter dalam pertandingan sangatlah penting. Kehadiran mereka bukan hanya untuk menyemarakan atmosfer pertandingan.

Lebih dari pada itu, kehadiran suporter bisa memacu dan membakar motivasi serta semangat pemain di lapangan.

“Sedikit banyak mungkin ada pengaruh (tanpa suporter), karena kami terbiasa disaksikan bobotoh sekarang ya sedikit ada yang berubah,” ucap Supardi.

“Tapi saya pikir itu tidak akan berpengaruh kepada penampilan kita karena tujuan kita untuk memenangkan pertandingan,” tegas mantan pemain PSMS Medan itu.

Mengawali kiprahnya dalam Liga 1 2020, Persib akan bersua PSM Makassar. Pertandingan tersebut akan berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (4/10/2020).

Supardi optimistis Persib bisa meraih hasil maksimal dan mempertahankan trend positif di kompetisi.

“Ya kita tidak pernah lihat bagaimana tim lawan, kita melihat tim kita sendiri bagaimana kita bermain, dimana pun kita bermain, harus fokus kepada tim dan bagaimana memenangkan pertandingan itu,” ujar Supardi.