Bima Sakti Ungkap Kabar Baik Terkait Peningkatan Kualitas Pemain Timnas Indonesia U-16

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, mengaku terkesan dengan sejumlah peningkatan anak asuhnya pada pemusatan latihan saat ini. Menurut Bima Sakti, para pemain mengalami peningkatan soal kekompakan dan kualitas fisik.

Timnas Indonesia U-16 menggelar pemusatan latihan sejak 20 September 2020. Awalnya, pemusatan latihan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, namun dipindah ke Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Pemusatan latihan Timnas U-16 diikuti 30 pemain yang tujuh di antaranya merupakan wajah baru. Menurut Bima Sakti, pemusatan latihan yang digelar sudah sesuai dengan harapannya.

“Pastinya ada banyak perkembangan. Terutama pada chemistry antarpemain dan fisik mereka juga semakin meningkat,” kata Bima Sakti.

“Begitu juga dengan pemahaman-pemahaman taktik yang diberikan. Mereka sudah bisa menjabarkan dalam latihan dan pertandingan,” kata Bima Sakti.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 tadinya digelar untuk persiapan Piala AFC U-16 2020. Namun, turnamen yang sejatinya digelar pada November – Desember 2020 itu harus ditunda sampai 2021.

Batasi Uji Coba

Timnas Indonesia U-16 sama sekali tidak menggelar laga uji coba dalam pemusatan yang berlangsung pada September 2020. Menurut Bima Sakti, hal itu sengaja dilakukan untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19.

“Kami memang mengagendakan laga uji coba. Akan tetapi, untuk sementara ini karena meningkatnya COVID-19 di Indonesia kami membatasi uji coba melawan tim lokal. Mudah-mudahan dalam waktu dekat kami bisa menggelar uji coba di luar negeri,” tegas Bima Sakti.

Uji coba luar negeri rencananya akan dilakukan Timnas Indonesia U-16 pada Oktober-November 2020. Namun, sampai saat ini belum diketahui lawan-lawan apa saja yang akan dihadapi.