Tidak Adanya Suporter Bisa Merubah Peta Persaingan Liga 1

Jacksen F Tiago angkat bicara soal adanya regulasi tanpa penonton yang diterapkan pada lanjutan Shopee Liga 1 musim 2020. Pelatih Persipura Jayapura tersebut menyebut adanya perubahan regulasi ini akan berpengaruh terhadap peta persaingan.

“Saya rasa akan ada perubahan dalam peta persaingan,” ucap Jacksen mengutip dari Bola.net. “Kekuatan yang akan menonjol saat ini justru bukan tim-tim yang selama ini menjadi unggulan,” sambungnya.

Menurut Jacksen, adanya perubahan peta persaingan ini tak lepas dari ketiadaan penonton. Pelatih asal Brasil tersebut mengaku bahwa keberadaan penonton merupakan salah satu unsur penting dalam persaingan selama ini di Liga 1.

“Klub-klub besar selama ini kian kuat karena dukungan dari suporter mereka. Sementara, saat ini tak ada dukungan langsung di pertandingan,” kata Jacksen. “Karenanya, saat ini, akan ada aspek lain yang akan berpengaruh,” tambah pelatih Persipura ini.

Sebelumnya, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru memastikan bahwa kompetisi musim 2020 ini bakal dihelat tanpa kehadiran penonton. Tak hanya penonton, jumlah personel yang berada di area pertandingan pun dibatasi.

Regulasi yang ditetapkan ini ditujukan untuk mengurangi risiko persebaran virus corona. Terlebih lagi, sejauh ini, pandemi COVID-19 belum lagi mereda.

Lebih lanjut, Jacksen menegaskan tak risau harus berlaga tanpa dukungan langsung suporter mereka pada lanjutan Shopee Liga 1 2020. Pelatih berusia 52 tahun ini mengaku bahwa sejak awal Persipura sudah siap untuk bermain dalam kondisi seperti ini.

“”Kami mulanya sudah berencana berkandang di Manado, yang juga jauh dari rumah. Jadi, bagi kami, tak ada perubahan rencana apa pun,” tutur Jacksen.

“Jadi, bagi kami tak ada masalah harus bermain di Jawa dan tanpa dukungan suporter,” ia menandaskan.