Yunus Nusi Pastikan Liga 3 Digelar Bulan November

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi memastikan Liga 3 2020 akan bergulir kembali mengikuti langkah dari Liga 1 dan Liga 2 yang sudah lebih dulu ditentukan jadwal dan sistem kompetisinya.

Tak hanya itu, kompetisi Elite Pro Academy (EPA) U-16, U-18 dan U-20 yang tiap tahunnya bergulir juga akan dijadwalkan digelar kembali.

Hal itu Yunus Nusi katakan dalam konferensi pers lanjutan Liga 1 2020 yang dilangsungkan secara virtual, Jumat (11/9/2020).

“Kami sedang komunikasikan dengan sponsor untuk menggelar EPA (Elite Pro Academy) semua kelompok umur, Suratin. Kami berusaha sepak bola tetap hidup dan tentu diawali lanjutan Liga 1 dan Liga 2, Liga 3 bulan November. EPA juga perlahan-lahan kami adakan kembali,” jelasnya.

Sebelumnya beberapa klub Liga 3 mulai mempertanyakan mengenai jadwal Liga 3 di musim ini, karena sempat beredar kabar Liga 3 dan EPA tak bisa dilangsungkan terkait minimnya budget dan penerapan protokol kesehatan.

Bahkan, Persikota Tangerang yang telah menyiapkan timnya sejak Agustus lalu mulai merasa jenuh lantaran belum adanya jadwal kepastian dari PSSI.

“Iy sudah pasti (jenuh-red). Saya juga orang Medan, ada rasa rindu bertemu cucu di sana. Untuk pemain pasti ada rasa jenuh jika berlatih terus tanpa ada kompetisi,” kata pelatih Persikota Tangerang, Suimin Diharja.

“Tapi kami untungan tetap ada program setiap akhir pekan agar mereka tetap termotivasi,” sambungnya.

Seperti diketahui, lanjutan Liga 1 digelar kembali pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. Mengenai format pertandingan tak ada berubah – meneruskan pekan sebelumnya.

Hanya saja Liga bergulir tanpa adanya degradasi, tanpa penonton dan dihelat di Pulau Jawa saja.

Sementara Liga 2 dimulai pada 17 Oktober dan berakhir pada 5 Desember 2020. Hanya ada dua tim promosi yang naik ke Liga 1 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang sediakan tiga slot.

Untuk sistem pertandingan, Liga 2 akan menggunakan sistem grup. Dari 24 klub bakal dibagi menjadi 4 grup dengan jumlah 6 klub tiap masing-masing grup.