Nasihat Bambang Pamungkas untuk Bagus Kahfi yang Jalani Pemulihan Cedera

Legenda timnas Indonesia, Bambang Pamungkas, memberikan pesan kepada Amiruddin Bagus Kahfi yang tengah fokus menjalani pemulihan cedera.

Simpati ditunjukkan oleh Bambang Pamungkas kepada juniornya Amiruddin Bagus Kahfi.

Seperti diketahui, Bagus Kahfi saat ini tengah berupaya bangkit dari cedera yang dialaminya ketika membela Garuda Select.

Bomber timnas U-19 Indonesia itu mengalami patah pergelangan kaki saat Garuda Select bersua Reading pada Maret 2020.

Penyerang Barito Putera itu pun harus absen dari training camp (TC) timnas U-19 Indonesia yang saat ini berada di Kroasia.

Beragam dukungan mengalir untuk pemain dengan ciri khas rambut kribo tersebut.

Tak terkecuali dari seniornya, Bambang Pamungkas, yang telah memutuskan pensiun dari sepak bola sejak tahun lalu.

Lewat tulisan di website pribadinya, Bepe memberikan pesan mendalam untuk Bagus Kahfi dengan judul Surat Untuk Cah Bagus.

“Gus apa kabar? Semoga kowe dalam keadaan baik di mana pun berada. Ya terlepas dari cedera yang kowe alami, semoga kowe dalam keadaan sehat wal afiat dan tak kurang suatu apapun,” tulis Bepe.

Penyerang yang identik dengan nomor punggun 20 itu lantas menceritakan bagaimana dulu ia berjuang untuk menghadapi cedera panjang.

Mantan striker Persija Jakarta itu pernah mengalami cedera patah tulah dan robel Ligament pada 2002.

Momen itu terjadi ketika Persija menjamu Arema Malang di Stadion Lebak Bulus, Jakarta.

“Ketika itu usiaku masih tergolong muda, 21 tahun. Saat itu aku tengah menjadi bahan pembicaraan masyarakat sepak bola Indonesia, iya karena aku tengah berada dalam puncak karierku,” papar Bepe.

Saat itu, prestasi mentereng ditorehkan Bepe dengan menjadi top scorer Liga Indonesia hingga juara bersama Persija di usia yang masih 19 tahun.

Wajar jika kemudian harapan tinggi dari pecinta sepak bola Tanah Air tertanam di pundak Bambang Pamungkas.

Bepe menilai hal tersebut juga dialami oleh Bagus Kahfi yang dua tahun lalu mengukir sejarah bersama timnas U-16 Indonesia.

Ya, Bagus Kahfi menjadi top scorer sekaligus juara bersama timnas U-16 Indonesia di Piala AFF U-16 2018.

“Dan sebagai pemain yang ‘menonjol’, maka kowe (Bagus) pun tidak bisa lari dari harapan tinggi masyarakat,” tulis Bepe.

Berkat peristiwa yang dialaminya, Bepe pun menjadi sadar bahwa karier pesepak bola bisa berhenti kapan saja.

Untuk itu, ia berpesan kepada Bagus Kahfi agar lebih hati-hati dalam menjalani karier sepak bola baik di dalam maupun luar lapangan.

Sebagai senior, Bepe memberikan nasihat kepada Bagus Kahfi untuk benar-benar memulihkan cedera baik secara medis maupun psikologis.

“Cedera itu mudah sembuh, yang paling sulit itu trauma pascacedera. Jadi kembalilah ke lapangan jika semuanya sudah benar-benar pulih, baik secara medis terlebih lagi psikologis,” tutur Bepe.

Kembalinya Bagus Kahfi sangat ditunggu-tunggu oleh pendukung timnas Indonesia.

Apalagi Bagus Kahfi digadang-gadang menjadi penyerang andalan timnas U-19 Indonesia yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2021.