Timnas U-19 Indonesia Masih Tunggu Kepastian Turnamen untuk TC Lanjutan di Turki

Timnas U-19 Indonesia dipastikan bakal langsung melanjutkan pemusatan latihan (TC) ke Turki setelah sebulan penuh berada di Kroasia.

Hal ini diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, bahwa timnas U-19 Indonesia akan bertolak ke Turki karena Piala Asia U-19 2020 ditunda hingga awal tahun depan.

Sebelum timnas U-19 Indonesia berangkat menuju Kroasia desas-desus terkait penundaan kompetisi telah terdengar, sehingga PSSI pun segera menyiapkan rencana lain, yakni TC lanjutan.

Untuk TC lanjutan itu, PSSI sebenarnya telah memilih beberapa negara untuk dijadikan tempat tujuan, di antaranya Turki, Portugal, dan beberapa negara Eropa lainnya.

Namun, sampai saat ini hanya Turki yang baru merespon, oleh karena itu dipastikan TC lanjutan berlangsung di sana.

Keputusan itu diambil PSSI setelah menerima keputusan bahwa Piala Asia U-19, yang seharusnya berlangsung di Uzbekistan, 14-31 Oktober mendatang ditunda hingga awal 2021.

“Untuk sementara ini masih kami schedule. Rencananya tanggal 2 Oktober itu langsung dari Kroasia menuju Turki,” kata Yunus Nusi kepada BolaSport.com.

Tetapi untuk TC di Turki PSSI belum bisa memastikan apa nantinya akan ada mini turnamen seperti saat di Kroasia selama satu bulan ini.

Yunus Nusi mengatakan untuk perkembangan timnas U-19 Indonesia tentu PSSI ingin memberikan yang terbaik oleh karena itu untuk kepastian mini turnamen atau uji coba masih ditunggu kabar dari pihak federasi Turki.

“Ini lagi proses komunikasi dengan beberapa negara lainnya. Masih tanya dan nunggu federsi turki apa mereka bisa membuat mini turnamen,” ujar pria yang juga menjabat sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Di sisi lain terdengar kabar bahwa tim asuhan Shin Tae-yong itu nantinya bakal menghadapi lima laga uji coba.

Kepastian itu belum bisa diberikan PSSI karena sampai saat ini timnas U-19 Indonesia masih menunggu kejelasan dari federasi setempat.

“Jadi masih berlanjut komunikasinya. Untuk uji coba itu tunggu saja,” tuturnya.

Sementara timnas U-19 Indonesia hari ini Jumat (15/9/2020) dipastikan bakal menghadpai laga uji coba berikutnya melawan Bosnia-Herzegovina.

Setelah itu, uji coba terakhir akan berlangsung melawan Zagreb pada 28 September mendatang.